Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

09 May

Pertanyaan ini mungkin mewakili sebagian besar orang yang bingung untuk memilih panci anti lengket yang bagus itu seperti apa. Ada yang mahal anti lengket, ada juga yang murah juga anti lengket. Cara membedakan yang bagus dan yang tidak bagaimana ? Apakah ada caranya ?

Begitu banyak jenis panci / wajan anti lengket yang dijual di pasar. Model, fungsi, dan harganya pun bervariasi. Dari yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah per piece nya. Tentu ada perbedaannya. Yang bagaimana yang dipilih ?

Agar lebih mudah memahaminya, coba cek beberapa informasi dan tips berikut ini.

Fungsi Non Stick Coating / Lapisan Anti Lengket

Perlu diingat bahwa tujuan utama produsen memberikan lapisan anti lengket ( non stick coating ) pada panci adalah agar makanan tidak mudah lengket saat dimasak. Dengan demikian, akan lebih mudah juga saat dicuci atau dibersihkan.

Tanpa disadari, sebagian orang keliru dalam menggunakan / mengartikan panci anti lengket yang dimilikinya. Memasak tanpa menggunakan minyak sama sekali, mendiamkan sisa masakan semalaman tanpa dicuci, memasak pada temperatur tinggi, memanaskan panci dalam kondisi kosong, inilah beberapa kebiasaan salah yang justru bisa merusak coating panci anda.

Jika kebiasaan – kebiasaan ini tidak diubah, panci anti lengket sebagus dan semahal apapun akan mudah rusak.

Memasak Tanpa Minyak Sama Sekali, Apakah Boleh ?

Jika anda pernah mendengar, “belilah panci anti lengket ini dan anda tak perlu lagi menggunakan minyak sama sekali, sehingga lebih sehat, bebas lemak, dan sebagainya”, ini jelas informasi yang salah. Ini adalah bahasa marketing yang tujuannya membuat anda tertarik untuk membeli tapi tidak menjelaskan realita sesungguhnya.

Memasak tanpa minyak sama sekali bisa dilakukan tapi tidak dianjurkan. Mengapa ? Karena saat wajan dipanaskan tanpa ada minyak sama sekali, lapisan anti lengketnya akan memuai dan mengalami degradasi dari waktu ke waktu. Tidak ada lapisan minyak yang melindunginya. Yang dipanaskan adalah lapisan anti lengketnya, bukan minyaknya.

Dan seperti yang kita ketahui, tidak semua lapisan anti lengket memiliki kualitas dan ketahanan yang sama. Tidak semua produsen memiliki standar, teknik, atau prosedur produksi yang baik dan benar. Sehingga hal ini jelas beresiko bagi kesehatan. Jadi, cukup gunakan minyak sedikit atau secukupnya. Detail informasinya bisa anda baca disini.

Selain mengandung nutrisi, minyak atau mentega juga akan memberikan aroma dan rasa khas pada masakan. Jadi tidak ada salahnya memakai minyak, butter, atau mentega sedikit saat memasak.

Baca Juga : Panci Anda Anti Lengket ? Anda Perlu Tahu Ini

Kebiasaan Yang Salah

Beberapa kebiasaan yang salah seperti yang disebutkan diatas juga mempengaruhi daya tahan lapisan anti lengket dari panci. Membiarkan sisa masakan dalam panci tanpa dicuci tentu akan mengeras dan menimbulkan kerak yang akan susah untuk dibersihkan nantinya. Akhirnya, kerak akan berusaha dicungkil atau digosok dengan keras agar bisa hilang.

Menggunakan spatula / sutil yang salah, bisa melukai atau menggores lapisan anti lengketnya. Gunakan spatula kayu atau lunak pada wajan anti lengket anda. Spatula / sutil yang tajam hanya cocok digunakan pada peralatan masak yang tidak diberi lapisan anti lengket.

Sutil kayu
Spatula – Sutil Kayu

Demikian juga jika sering memasak menggunakan temperatur tinggi atau memanaskan wajan tanpa diberi minyak / mentega terlebih dahulu, hal ini rentan menimbulkan kerusakan pada non stick coating panci tersebut. Apalagi sampai berasap. Selain beracun, ini tentu beresiko bagi kesehatan anda.

Memilih Panci Anti Lengket Yang Bagus

Sayangnya, hingga saat ini belum ada alat atau cara mendeteksi panci / wajan anti lengket yang akan dibeli apakah kualitasnya bagus atau tidak secara kasat mata. Anda harus mencobanya.

Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk membelinya. Pertama, usahakan untuk mencari tahu mengenai merek atau reputasi perusahaan pembuatnya. Biasanya merek atau perusahaan yang baik akan berkomitmen untuk menjaga kualitas barangnya.

Kedua, pastikan wajan tersebut berkualitas food grade. Aman untuk makanan. Biasanya terdapat logo food grade atau keterangan lebih detail mengenai produk pada kemasannya.

Ketiga, coba cek testimoni, komentar, atau review dari pembeli – pembeli sebelumnya mengenai kualitas produk tersebut.

Keempat, sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Biasanya panci / wajan yang berkualitas baik harganya cenderung mahal. Bukan semata – mata karena jaminan lapisan coatingnya yang bagus dan food grade, tetapi material utama lainnya juga berperan penting seperti ketebalan panci, handle yang kuat dan anti panas, grade material yang lebih baik, ada induction bottom, dan sebagainya. Itulah sebabnya, panci / wajan yang mahal biasanya juga memiliki keunggulan dan kelebihan yang tidak dimiliki wajan yang harganya lebih murah.

Kelima, baca dan pelajari cara pemakaian yang benar dan perawatannya. Ini agar panci anti lengket yang dibeli bisa lebih awet dan terjaga kondisinya. Perawatan dan cara penggunaan yang benar akan memperpanjang usia panci.

Ada beberapa rekomendasi panci anti lengket yang bisa dipertimbangkan saat anda membeli, antara lain :

Demikian sedikit informasi dari kami, semoga bermanfaat !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli / menggunakan peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Ceramic Coating Pan

Panci Ceramic Coating, Benarkah Bagus ?

Author: Asta & You
panci cast iron

Mengenal Panci Cast Iron, Panci Favorit Para Chef

Author: Asta & You

Ada Berapa Jenis Sendok di Dunia ?

Author: Asta & You

Leave your thought