0
Rp0.00
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Panci Anda Anti Lengket ? Anda Perlu Tahu Ini

18 Feb

Coba perhatikan di dapur anda. Pasti ada minimal 1 buah panci atau wajan anti lengket ( non stick ), betul ? Apakah itu wajan, wok, fry pan, panci sup, dan sebagainya, pasti ada 1 atau lebih yang anti lengket. Banyak orang menyebutnya teflon. Tetapi tidak semua non stick coating adalah teflon. Anda bisa membaca artikelnya disini.

Sebagian orang menganggap panci anti lengket aman digunakan, sebagian ragu, dan sebagian lagi memilih tidak menggunakannya. Jadi, sebenarnya bagaimana ? Apakah panci anti lengket memang aman digunakan ? Bagaimana dengan yang ada di rumah ?

Sudut Pandang

Banyak orang memiliki preferensi atau prioritas yang berbeda dalam membeli sesuatu. Ada yang pokoknya murah, ada yang mementingkan merek, desain, tampilan, warna, model, rekomendasi, dan lain – lain. Ada juga yang sangat mementingkan kualitas dan keamanan.

Untuk produk yang berhubungan langsung dengan tubuh, terutama peralatan masak, sebaiknya pilihlah yang memang berkualitas baik dan aman bagi kesehatan. Mengapa ? Karena makanan kita sehari – hari diolah menggunakan peralatan masak yang ada. Sehingga jika kualitasnya jelek atau berbahaya, otomatis makanan yang diolah juga bisa ikut terkontaminasi.

Non Stick Coating
Premium Non Stick Coating Cookware Sets

Sebenarnya, ada 4 faktor utama yang perlu diperhatikan saat membeli peralatan masak atau cookware terutama panci / wajan. 4 faktor itu adalah : bahan / material dasarnya, coating bagian dalam, coating bagian luar, dan handlenya.

Dalam artikel ini kita hanya akan melihat mengenai internal coating yang sering disebut non stick atau anti lengket, yang bersentuhan langsung dengan makanan saat dimasak.

Non Stick Coating ( Lapisan Anti Lengket ) – PTFE

Lapisan anti lengket berfungsi agar masakan tidak mudah lengket saat dimasak maupun saat dibersihkan. Permukaannya yang licin membuat sisa makanan yang menempel lebih mudah dibersihkan saat dicuci.

Laurence W. McKeen, seorang konsultan teknologi coating, mengatakan bahwa pada dasarnya non stick coating secara kimiawi bisa terbuat dari :

  • Fluoropolymers
  • Hybrids
  • Ceramics
  • Silicones / Siloxanes
  • Silicon Polyesters

Yang mungkin sangat akrab di telinga adalah fluoropolymers atau PTFE, yang biasa juga disebut Teflon.

PTFE sangat umum digunakan dalam kehidupan kita sehari – hari sebagai pelapis / lapisan peralatan masak, jas hujan, sepatu, kabel, pakaian, dan lain – lain. PTFE digunakan untuk melindungi agar tidak mudah rusak / basah.

Namun dalam perkembangannya, salah satu komponen yang terdapat pada PTFE yaitu PFOA terbukti berbahaya bagi kesehatan saat digunakan pada temperature tinggi. Sehingga pada akhirnya penggunaan PFOA mulai dilarang di Amerika pada tahun 2006, disusul negara – negara lainnya.

Jika anda melihat pada kemasan atau sticker alat masak tertulis PFOA free, itu artinya alat masak tersebut anti lengket dan bebas PFOA. PTFE aman digunakan dibawah temperature 300 derajat Celcius.

Beberapa contoh cookware yang menggunakan PTFE coating : panci set Lemona dan panci set Marbello.

blank
Asta Marbello Soup Pan with PTFE Coating. PFOA Free

Non Stick Coating ( Lapisan Anti Lengket ) – Ceramic

Selain PTFE, beberapa tahun terakhir non stick coating berbahan ceramic mulai populer. Selain bebas PTFE dan PFOA, ceramic coating dianggap lebih aman, lebih kuat, dan ramah lingkungan. Aman digunakan pada temperature tinggi dan tampilannya lebih cantik.

Ceramic coating harganya lebih mahal daripada PTFE / Teflon. Itulah sebabnya tidak semua peralatan masak menggunakan ceramic coating.

blank
Tognana Pan with Ceramic Coating – Asta Premium

Beberapa contoh cookware yang menggunakan ceramic coating : U Pan 6 in 1 Asta, Crisper, Tognana Asta Premium, CSK Asta Premium, dan lain – lain.

Tips dan Saran

Agar panci / wajan anti lengket awet dan tahan lama, ada beberapa tips dan saran berikut ini :

  • Saat membeli, pastikan material, ukuran, dan ketebalan yang diinginkan sudah sesuai dengan kebutuhan. Belilah merek / produk yang anda yakini berkualitas dan aman bagi kesehatan. Jangan semata – mata membeli karena harganya yang murah.
  • Cuci dengan air bersih dan sabun saat pertama kali hendak digunakan. Mungkin ada kotoran / debu sisa produksi dari pabrik yang masih menempel.
  • Panci anti lengket ( terutama ceramic coating ) yang ada saat ini aman digunakan untuk memasak pada temperature tinggi. Tetapi perlu diingat bahwa mungkin ada sebagian produsen / pabrik / merek yang masih menggunakan teknologi coating lama, yang memiliki kandungan berbahaya misalnya PFOA. Sehingga tentu tidak baik bagi kesehatan. Alasannya semata – mata untuk menekan biaya agar lebih murah.
  • Setelah digunakan dan masih panas, jangan langsung disiram dengan air. Diamkan dulu hingga dingin baru dicuci.
  • Jangan dicuci menggunakan steel wool ( sabut besi ). Cukup dengan spons lembut, sabun cuci piring, dan air.
  • Usahakan tidak menggunakan spatula / alat masak dari logam atau yang tajam saat memasak. Ini bisa merusak lapisan anti lengketnya.
  • Panci anti lengket dibuat untuk memudahkan saat memasak dan sisa makanan tidak mudah lengket saat dicuci. Bukan untuk memasak tanpa minyak sama sekali. Memasak tanpa minyak diatas panci anti lengket justru akan merusak lapisan anti lengketnya. Anda bisa membacanya disini dan disini. Lagipula, minyak goreng memiliki manfaat tersendiri dan memberikan rasa yang lebih enak pada makanan.
  • Jika terkelupas / cuil, jangan digunakan. Gantilah dengan yang baru. Serpihan / cuilan lapisan anti lengket yang terkelupas bisa ikut larut dalam makanan.

Sekarang kita sudah tahu bagaimana menggunakan panci anti lengket dengan baik dan benar, agar lebih aman dan awet. Happy cooking !

Baca juga artikel mengenai memilih minyak goreng yang baik.

Asta Homeware
Better Life, Better Home

blank

Amankah Menggoreng Menggunakan Minyak Jelantah ?

Author: Asta & You
blank

Panci Tebal vs Tipis, Seberapa Penting Sebenarnya ?

Author: Asta & You
blank

Belajar Table Manners, Ternyata Tidak Mudah

Author: Asta & You

Leave your thought