Home ยป Tips Mengukus Ikan Agar Lembut Sempurna

Tips Mengukus Ikan Agar Lembut Sempurna

Mengukus Ikan

Indonesia adalah salah satu negara penghasil ikan terbesar di dunia. Karena itu, tidak heran jika orang Indonesia suka makan ikan. Selain dibakar, dipanggang, atau digoreng, mengukus ikan adalah salah satu cara yang praktis dalam mengolahnya.

Dengan dikukus ( steamed ), daging ikan terasa lebih alami.

Memilih Ikan

Semua jenis ikan pada umumnya bisa dikukus. Tetapi, jenis ikan yang dagingnya berwarna putih dan tidak terlalu tebal lebih pas untuk dikukus. Rasanya agak manis dan dagingnya lebih lembut.

Beberapa jenis ikan yang cocok untuk dikukus adalah ikan kakap, kerapu, gabus, baronang, bawal, patin, dan salmon. Yang paling penting, pilihlah ikan yang masih segar. Karena jika kurang segar, saat dikukus dagingnya akan mudah hancur dan cenderung berbau amis.

Anda bisa juga memilih ikan yang utuh atau yang sudah berupa potongan ( fillet ). Sebagian orang berpendapat, ikan yang utuh aromanya terasa lebih wangi dan bumbunya lebih meresap saat dikukus.

Baca Juga : Tips Memilih dan Memasak Ikan Salmon

Persiapan Mengukus Ikan

Sebelum dikukus, bersihkan ikan dengan membuang isi perut dan memotong sirip – siripnya. Pastikan ikan sudah benar – benar bersih.

Lalu beri sedikit garam, merica, perasan air lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Biarkan beberapa saat.

Sebagian orang menambahkan potongan jahe, daun bawang, kecap asin, gula, bawang putih, dan rempah – rempah lainnya untuk memperkuat aroma dan rasanya. Namun, itu kembali ke selera masing – masing.

Bagi yang menyukai rasa original / alami, mengukus ikan dengan tambahan sedikit garam dan perasan air lemon sudah cukup.

Jika anda penggemar ikan kukus khas Asia, coba cek resep versi Cantonese nya disini ya.

Peralatan yang Dibutuhkan

Salah satu faktor penting saat mengukus ikan adalah peralatannya. Gunakan steamer wok atau panci yang dilengkapi dengan kukusan ( steamer ) plus tutupnya. Anda membutuhkan tutup panci yang ukurannya pas dengan besar ikan yang akan dikukus, agar ikan bisa matang dengan sempurna.

Gunakan piring / nampan oval dari stainless steel atau ceramic untuk menaruh ikan diatas kukusan.

Steamer Wok
Marbello Fiesta Steamer Wok – Asta Homeware

Tips Mengukus Ikan Agar Lembut Sempurna

  • Setelah isi perut ikan dikeluarkan dan sirip – siripnya dipotong, bersihkan dengan air mengalir. Anda bisa juga menyiramnya dengan air panas beberapa kali untuk menghilangkan bau amis dan sisa lendir yang masih melekat.
  • Isi air secukupnya ke dalam wok. Pastikan airnya cukup dan perkirakan jangan sampai habis saat mengukus.
  • Masukkan potongan daun bawang, bawang putih, dan sepotong kecil jahe diatas baki / nampan stainless steel bersama dengan ikan yang akan dikukus. Cara lainnya, anda bisa juga memasukkannya ke bagian dalam badan ikan. Ini akan menambah aroma wanginya.
  • Selipkan sumpit kayu melintang di antara nampan agar ikan bisa matang dengan sempurna. Ini juga mencegah ikan lengket di nampan / wok saat dikukus. Atau anda bisa mengoleskan sedikit minyak pada permukaan nampan agar kulit ikan tidak melengket.

Mengukus Ikan
Selipkan Sumpit Saat Mengukus Ikan

Baca Juga : Beli Minyak Wijen, Mana Yang Terbaik ?

  • Anda tidak perlu menambahkan air ke dalam nampan bersama dengan ikan saat dikukus karena ikan akan mengeluarkan air saat dikukus. Tambahan air malah akan membuat daging ikan mudah hancur dan mempengaruhi rasanya.
  • Setelah matang, air sisa kukusan yang menetes atau menggenang di nampan sebaiknya dibuang karena akan mempengaruhi rasa alami ikan.
  • Kukus dengan api sedang selama 8 menit dalam wok tertutup, jangan dibuka – buka. Jika ikannya agak besar atau dagingnya tebal, tambahkan 1 menit. Waktu mengukus ikan yang tepat akan membuat daging ikan matang sempurna dan lembut. Sebaliknya, terlalu lama saat mengukus ( overcooked ), akan menyebabkan tekstur dagingnya menjadi terlalu lembek.
  • Jika menggunakan saus atau bumbu pelengkap, tuangkan terakhir di atas ikan yang telah matang lalu kukus kembali hingga mendidih. Angkat dan siap disajikan.
  • Beberapa orang menyukai aroma minyak wijen. Anda bisa menambahkannya sesaat sebelum diangkat.

Ikan yang telah dikukus sebaiknya dimakan saat panas / hangat. Jangan sampai dingin karena rasanya kurang enak dan aromanya sudah berubah.

Demikian sedikit tips mengukus ikan agar lembut sempurna. Selamat mencoba !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message