Fungsi Induction Bottom, Awas Yang Abal – Abal

Wok Pan Asta Premium 32cm
31 Oct

Peralatan masak seperti panci / wajan yang bagian bawah ( bottom ) nya datar, kadang ada yang memiliki induction bottom di bagian bawahnya. Biasanya semacam plat logam, yang ditambahkan di dasar panci. Modelnya juga bermacam – macam, ada yang berbentuk lingkaran, persegi, dengan variasi garis, atau dengan motif tertentu. Kadang juga dicantumkan logo atau brand produsennya.

Sebenarnya apa fungsi induction bottom ( plat induksi ) tersebut ? Apakah memang diperlukan ?

Bentuk Induction Bottom

Ada beberapa bentuk plat induksi yang umum digunakan di cookware atau peralatan masak.

panci dengan induction bottom
U Pan with Induction Bottom – Asta Homeware

Tognana casserole with induction bottom
Tognana Casserole with Induction Bottom – Asta Homeware

Seiring berkembangnya peralatan masak berbasis listrik dan induksi, saat ini banyak panci / wajan masak yang mulai menggunakan plat induksi dengan bentuk yang bermacam – macam agar tampilannya lebih cantik. Meskipun bentuknya berbeda – beda, namun fungsinya sama.

Baca Juga : Panci Tebal Vs Tipis, Seberapa Penting Sebenarnya ?

Fungsi Induction Bottom

Induction bottom umumnya terbuat dari material yang bersifat magnetik. Bisa dari baja, besi, atau stainless steel, yang penting bersifat magnetik. Ini agar panci / wajan tersebut bisa digunakan pada kompor listrik atau kompor induksi.

Jika panci / wajan anda terbuat dari aluminium tetapi tidak memiliki tambahan plat induksi di bagian bawahnya, tentu panci / wajan aluminium tersebut tidak bisa digunakan pada kompor listrik atau induksi.

Plat induksi akan berfungsi sebagai media yang menghantarkan / menginduksi elektron dari kompor gas atau kompor induksi ke panci sehingga menimbulkan panas yang digunakan untuk memasak.

Jadi, jika ingin menggunakan kompor listrik atau induksi, anda membutuhkan panci yang materialnya bersifat magnetik atau panci dengan induction botttom.

Induction Bottom Abal – Abal

Pemasangan plat induksi biasanya dilakukan dengan menambahkan sebuah plat ( bisa tebal atau tipis ) di bagian bawah panci dan kemudian dilekatkan dengan mesin press hidrolik. Proses produksinya bisa dilihat disini.

Tujuan penambahan plat induksi pada panci / wajan agar menambah fungsi memasak. Pemanasannya akan lebih cepat merata sehingga lebih hemat energi. Bisa digunakan pada berbagai jenis kompor, seperti kompor gas, listrik, maupun induksi. Selain itu, juga akan memberikan nilai tambah pada tampilannya menjadi lebih cantik, kuat, dan terkesan mewah.

Akan tetapi, karena pertimbangan harga yang murah, beberapa produsen menggunakan plat induksi ‘palsu’ atau ‘abal – abal’. Bagi orang awam, terlihat seakan – akan ada plat induksi pada bagian bawah panci, tetapi sebenarnya bagian bawah panci yang digrafir menggunakan laser sehingga tampak seperti induction bottom.

Tetap bisa berfungsi pada kompor listrik dan induksi, tetapi sebenarnya mengurangi ketebalan panci itu sendiri, karena ‘plat induksi’ yang digrafir otomatis mengikis material pancinya. Jadi misalnya panci yang digunakan sudah tipis, tentu akan lebih tipis lagi di bagian tersebut.

Plat induksi bisa dirasakan dan dilihat langsung. Induction bottom pada umumnya memiliki garis tipis yang merupakan sambungan antara panci dan plat induksinya. Selain itu akan terasa lebih berat dan motif grafirnya lebih halus.

Jadi, jika anda menginginkan panci induksi yang kuat dan lebih tahan lama, pakailah yang memang memiliki tambahan plat induksi pada bagian bawahnya. Selain berfungsi dengan semestinya, kualitas, daya tahan, dan tampilannya pun jelas lebih baik.

Demikian sekilas info dari kami, semoga bermanfaat !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda memilih / menggunakan peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Mengukus Ikan

Tips Mengukus Ikan Agar Lembut Sempurna

Author: Asta & You

Etika Makan Yang Baik Itu Seperti Apa ?

Author: Asta & You

Tips Memasak Nasi Dan Merawat Rice Cooker

Author: Asta & You

Leave your thought