0
Rp0.00
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Cara Memasak Salmon Head yang Enak

Grilled Salmon Head
14 Jan

Bagi penggemar ikan salmon, tentu pernah tahu atau mencoba menu salmon head ( kepala salmon ). Meskipun cara makannya agak ribet, namun rasa dagingnya yang juicy dan lembut bisa bikin ketagihan. Cara memasaknya bermacam – macam bisa di grill / panggang, digoreng, dikukus, atau dimasak sup.

Jika ingin memasak salmon head di rumah, berikut ada beberapa tips dan info menarik cara memasaknya agar bisa enak seperti di resto – resto.

Memilih Kepala Salmon

Seperti yang kita ketahui, ikan salmon sangat banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Artikelnya bisa anda baca disini.

Biasanya, kepala ikan salmon sudah dijual dalam wadah kemasan di supermarket. Ada yang potongannya V cut ( seperti huruf V ) dan ada yang straight cut ( lurus ). Jenis potongan ini sama saja, tidak ada bedanya, yang penting salmon masih dalam kondisi fresh.

Pilihlah yang baunya segar, tidak amis. Mata ikannya juga cerah, tidak berlendir atau kusam. Daging di area kepala masih elastis saat ditekan dan berwarna cerah. Salmon head sebaiknya dalam kondisi cenderung lembab daripada kering.

blank
Salmon Head. Image by Pacific Bay

Di kepala salmon, cukup banyak terdapat daging yang lembut, juicy, dan tentu saja bernutrisi tinggi. Selain tulang keras, setiap bagian di dalam kepala salmon, boleh dimakan. Termasuk kulitnya.

Resep Original Grilled Salmon Head

Berikut ini ada resep original grilled salmon head dari seorang kawan yang pernah bekerja sebagai chef di resto Jepang, siapa tahu anda suka.

  • Sebelum dimasak, anda harus membersihkan kepala salmon terlebih dahulu. Tarik dan keluarkan insangnya. Jika perlu gunakan pisau untuk memotong bagian yang masih menempel. Lalu cuci bersih. Bersihkan juga noda darah atau kotoran yang menempel. Jika perlu, potong juga bagian siripnya.
  • Keringkan salmon head yang telah dicuci dengan tissue kertas. Peras air lemon sedikit, sekitar 1 sendok teh dan balur ke seluruh bagian luar dan dalam kepala salmon. Air lemonnya jangan berlebihan.
  • Panaskan grill pan hingga panas dan taruh salmon head diatasnya. Taburi garam pada kedua sisinya saat dibolak balik. Sedikit saja ( sejumput ) agar rasa original salmon tidak hilang. Masak hingga matang.
  • Anda juga bisa menggunakan oven sebagai pengganti grill pan. Panaskan oven pada suhu sekitar 120 derajat celcius. Masukkan salmon head selama sekitar 15 – 20 menit ( tergantung besarnya salmon head ). Keluarkan dan balik sisi lainnya. Naikkan temperaturnya ke 220 derajat celcius, panggang kembali selama 10 menit. Selesai.
  • Saat matang, kulit salmon akan sedikit menggelembung ( bubbling ) dan berubah silver kehitaman. Minyak pada kepala salmon juga terlihat.
  • Setelah matang, bisa dimakan begitu saja dengan nasi putih atau tambahkan saus teriyaki sebagai pendamping.
  • Jika dirasa kulit salmon kurang crispy / kering, anda bisa menggunakan gas torch / flame gun portable pada bagian kulit luarnya selama beberapa detik.
  • Anda juga bisa menambahkan pelengkap lainnya seperti wortel rebus, kacang panjang, atau sayuran favorit lainnya.
  • Untuk mendapatkan rasa originalnya, usahakan tidak menambahkan bumbu atau campuran lainnya seperti merica, bawang, kecap, dan lain – lain. Cukup sedikit perasan lemon dan garam saja.

Jadi weekend ini masak salmon head ?

blank

Panci Tebal vs Tipis, Seberapa Penting Sebenarnya ?

Author: Asta & You
blank

Belajar Table Manners, Ternyata Tidak Mudah

Author: Asta & You
blank

Mengenal Jenis Spatula, Agar Tidak Salah Pakai !

Author: Asta & You

Leave your thought