Home ยป Tips Memilih Sendok Makan Yang Baik

Tips Memilih Sendok Makan Yang Baik

Kebanyakan orang Asia menggunakan sendok sehari – harinya. Untuk menyuap nasi atau kuah, untuk memasak, mengambil makanan, dan sebagainya. Selain sendok, garpu dan sumpit juga umum digunakan.

Di negara Eropa dan Amerika, sendok biasanya dipakai saat minum sup atau mengambil makanan yang berbentuk cair. Disana biasanya lebih sering menggunakan pisau dan garpu untuk sehari – harinya.

Sendok jenisnya banyak. Materialnya pun bermacam – macam. Ada yang terbuat dari besi, kayu, kuningan, stainless steel, keramik, dan sebagainya. Pada umumnya material stainless steel yang sering digunakan.

Selain dari segi estetika, bentuk sendok yang berbeda ternyata memiliki fungsi yang berbeda dan digunakan pada saat yang berbeda juga.

Ada juga orang yang membeli sendok, garpu, atau pisau untuk dikoleksi karena keunikan maupun keindahannya. Harganya pun bisa mencapai jutaan rupiah.

Sejarah Sendok

Tidak diketahui dengan pasti sejak kapan sendok pertama kali digunakan dan oleh siapa. Dikutip dari The Irish Times, artefak sendok yang ditemukan di Rusia pada tahun 1940, berasal dari 21.000 tahun lalu. Jadi, sendok merupakan alat makan yang sudah digunakan sejak dahulu kala.

Pada awalnya, sendok berasal dari kulit kerang, batu, tanduk hewan, kayu, dan logam. Kemudian bangsa Romawi kuno mulai membuat sendok dari bahan perak atau silver. Bukti sejarah ini bisa ditemukan di Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika. Dan seiring berkembangnya peradaban manusia, model dan jenis sendok pun ikut berkembang hingga saat ini.

Jika berkunjung ke toko atau outlet yang khusus menyediakan peralatan rumah tangga, anda bisa melihat berbagai jenis sendok dengan harga, model, warna, dan ukuran yang bermacam – macam.

Ini tidak mengherankan mengingat sendok dan peralatan makan kadang juga dianggap mewakili status sosial pemakainya. Semakin baik kualitas yang digunakan, semakin tinggi status sosial ekonominya. Oleh sebab itu, sendok garpu atau pisau makan ada yang harganya hingga ratusan juta rupiah.

High End Cutlery Set – Image by The International Man

Baca Juga : Mengenal Crisper Asta, Panggangan sekaligus Tirisan Minyak

Material Sendok Makan

Salah satu material sendok makan yang paling banyak digunakan adalah stainless steel. Mengapa demikian ? Karena selain kuat, stainless steel relatif mudah dibentuk, tahan karat, dan terkesan mewah. Kilaunya yang khas menyebabkan sendok berbahan stainless steel paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Material sendok lain yang umum dijumpai berbahan keramik, plastik, atau kayu. Ada juga yang menggunakan besi, aluminium, kuningan, silicone, perak, atau emas. Model, ukuran, fungsi, warna, dan jenisnya juga bermacam – macam. Untuk yang berbahan silicone, biasanya digunakan pada peralatan makan bayi / anak.

Jenis Sendok

Berkembangnya peradaban manusia juga membawa perubahan pada etika makan, termasuk perubahan pada bentuk dan fungsi sendok. Sendok tidak hanya digunakan untuk makan saja, tetapi juga digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Di banyak negara maju, fungsi sendok dikembangkan sesuai dengan kebutuhannya. Secara garis besar, sendok dibedakan sebagai sendok makan ( table spoon ), sendok sup ( soup spoon ), dan sendok kuliner ( dessert spoon ). Selain itu, masih ada sekitar 20 – 50 jenis sendok lagi yang bisa dibedakan menurut fungsinya.

Berikut adalah beberapa jenis sendok yang umum digunakan yang dikutip dari berbagai sumber :

  • Table spoon
  • Soup spoon
  • Dessert spoon
  • Tea / coffee spoon
  • Serving spoon
  • Salad spoon
  • Sugar spoon
  • Cocktail spoon
  • Ice cream spoon
  • Caviar spoon
  • Chinese spoon
  • Egg spoon
  • Saucier spoon
  • Absinthe spoon
  • Mote spoon
  • Stroon ( sedotan dengan sendok )
  • Bar spoon
  • Berry spoon
  • Dan sebagainya

Caviar Spoon – Image by BienManger.com

Tiap negara atau kebudayaan memiliki sebutan untuk jenis sendok yang digunakan. Bentuk dan modelnya bisa sama dengan negara lain, bisa juga berbeda.

Memilih Sendok Makan

Table spoon atau sendok makan biasanya terbuat dari logam, umumnya stainless steel. Ada yang gagangnya memanjang, ada yang pendek. Ada yang bermulut lebar, ada yang sempit. Gagang sendoknya juga ada yang polos atau bermotif.

Panjang rata – rata sendok makan sekitar 14 – 22 cm dengan berat yang bervariasi. Ada yang sangat tipis sehingga mudah patah / bengkok. Ada yang standard, ada juga yang tebal dan berat.

Bentuk sendok makan sedikit melengkung dengan kapasitas umumnya sekitar 15 ml.

Ukuran, model, dan motif, termasuk berat sendok menyesuaikan dengan kebutuhan, selera, dan tentu saja harganya. Semakin tebal dan baik kualitasnya, biasanya harganya juga akan semakin mahal.

Memilih sendok makan sama pentingnya dengan memilih panci masak. Karena sendok makan bersentuhan langsung dengan makanan dan mulut. Harus lebih teliti dalam membeli dan memilih sendok makan yang baik dan sesuai. Jangan semata – mata karena harganya murah lalu mengabaikan faktor keamanan, kenyamanan, dan kesehatannya.

Tips

Berikut beberapa tips dan saran saat memilih sendok makan :

  • Perhatikan jenis materialnya. Jika dari stainless steel, pastikan kualitas stainless steel nya tidak kusam atau menghitam. Jika dari kayu, sebaiknya dari jenis kayu yang memang diperuntukkan untuk alat makan. Material untuk alat makan harus yang berkualitas food grade.
  • Jangan memilih sendok yang tipis karena akan mudah bengkok atau patah. Selain bisa melukai mulut atau bibir, jadinya lebih boros.
  • Perhatikan mulut sendoknya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan anda. Mulut sendok yang lebar akan lebih mudah menampung sup / makanan cair dengan lebih baik, tidak mudah tumpah / tercecer. Sebaliknya, sudut mulut sendok yang mengecil akan lebih mudah menyuap makanan ke dalam mulut, tetapi biasanya daya tampungnya relatif lebih sedikit.
  • Perhatikan cekungan sendok tidak terlalu datar atau cekung, sehingga nyaman saat digunakan.
  • Panjang pendeknya sendok disesuaikan dengan kenyamanan anda dan keluarga.
  • Finishing atau kualitas sendok secara keseluruhan harus baik. Beberapa sendok yang dijual ada yang kasar dan tajam, sehingga tangan maupun mulut rawan terluka / tergores. Ada juga yang sekedar disepuh dan buram. Ini tentunya berbahaya karena cairan kimia yang digunakan rawan larut dalam makanan.

Sendok Makan Royalton Motif Padi – Asta Homeware

Demikian informasi terkait jenis sendok dan tips memilih sendok makan yang baik. Semoga bermanfaat !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda memilih peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message