0
Rp0.00
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Apa itu Food Grade dan Food Safe ?

blank
07 Jan
blank

Pernah melihat logo diatas ? Ya betul sekali. Logo diatas adalah logo food grade yang sering tercetak pada kemasan makanan atau produk yang berhubungan dengan makanan / minuman. Food grade mengacu pada material yang digunakan, yang berhubungan langsung dengan makanan / minuman. Material food grade harus tidak beracun, tidak mengubah rasa dan kualitas makanan, aman untuk makanan, dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Material food grade tidak perlu mahal dan tidak harus terlihat bagus. Yang penting material yang digunakan memang dinyatakan aman sebagai kemasan / wadah makanan.

blank

Kita pasti sering melihat mangkok plastik seperti gambar diatas terutama saat membeli makanan yang dibungkus dari resto / warung. Tahukah kita material plastik yang digunakan apakah sudah food grade ? Apakah aman digunakan untuk makanan / minuman panas ? Bisakah digunakan berulang kali ?

Sudah beberapa tahun ini plastik menjadi sorotan dunia akibat sampah plastik yang merusak lingkungan dan habitat beberapa species hewan. Banyak artikel dan informasi yang membahas mengenai bahaya atau resiko membungkus makanan dengan plastik, salah satunya disini atau disini.

Sebenarnya kita bisa meminimalkan resiko bahaya plastik bagi kesehatan dan membatasi penggunaan plastik yang tidak perlu jika kita lebih mengenal akan jenis material / kemasan plastik, karakteristik, dan kegunaannya dengan lebih detail. Informasi tersebut bisa kita dapatkan disini.

Food Grade dan Food Safe

Peralatan makan dan dapur banyak ragam dan jenisnya. Materialnya pun bermacam – macam, dari stainless steel, plastik, besi, keramik, alumunium, batu, dan lain sebagainya.

Kebanyakan diantaranya tentu food grade. Tetapi apakah juga food safe ?

Food safe berarti peralatan / perlengkapan food grade tersebut juga cocok digunakan untuk kebutuhan lainnya dan aman untuk makanan. Dalam artian lain misalnya saat membeli minuman dalam wadah / kemasan plastik ( food grade ), belum tentu cocok jika digunakan pada minuman panas. Karena bisa saja jenis plastik yang digunakan harus berbeda. Sehingga bila digunakan untuk minuman panas mungkin akan berbahaya bagi kesehatan. Inilah yang dimaksud dengan food safe.

Beberapa orang belum mengetahui perbedaan antara food grade dan food safe. Dari sini kita harapkan pemahaman mengenai food grade dan food safe menjadi lebih jelas dan membuat kita lebih bijak dan cermat dalam memilih dan menggunakan kemasan, peralatan maupun perlengkapan makan sehari – hari yang sesuai dan aman untuk keluarga tercinta.

blank

Perlengkapan dan Peralatan Dapur, apa bedanya ?

Author: Asta & You
blank

Jenis Jamur Masak dan Kandungan Nutrisinya

Author: Asta & You
blank

Resep Jamur Enoki Daging Sapi ala Jepang

Author: Asta & You

One Comment

  1. […] Baca Juga : Apa itu Food Grade dan Food Safe ? […]

Leave your thought