Apa itu Food Grade dan Food Safe ?

Food Safe Logo
07 Jan
Food Grade Logo
Food Grade Logo

Pernah melihat logo diatas ? Ya betul sekali. Logo diatas adalah logo food grade yang sering tercetak pada kemasan makanan atau produk yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Kalau food safe, beda lagi.

Istilah food grade food safe semakin sering didengar dan dicari orang. Ini adalah sinyal positif yang menunjukkan semakin banyak orang mulai mengerti dan sadar akan pentingnya produk yang aman bagi kesehatan. Karena sayangnya, tidak semua produk / barang yang dijual yang berhubungan langsung dengan makanan sudah berkualitas food grade atau food safe.

Apa itu Food Grade ?

Food grade mengacu pada jenis material yang digunakan pada suatu produk, yang biasanya bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman. Material yang disebut food grade harus tidak beracun, aman untuk makanan, tidak mengubah rasa dan kualitas makanan, dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Material food grade tidak perlu mahal dan tidak harus terlihat bagus. Yang penting material yang digunakan memang dinyatakan aman sebagai kemasan atau wadah makanan.

Mangkok plastik
Mangkok Plastik – Wadah Makanan

Kita pasti sering melihat mangkok plastik seperti gambar diatas terutama saat membeli makanan di resto / warung. Biasanya, penjual makanan atau resto tersebut memakai wadah seperti ini. Nah, tahukah kita material plastik yang digunakan apakah memang boleh untuk makanan ? Apakah sudah food grade ?

Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun belakangan ini plastik menjadi sorotan dunia dan menjadi salah satu issue utama terjadinya pemanasan global. Dampak negatif sampah plastik yang susah terurai terbukti merusak lingkungan dan habitat beberapa species hewan terganggu. Banyak artikel dan informasi yang membahas mengenai bahaya dan resiko membungkus makanan dengan plastik, salah satunya bisa dibaca disini atau disini.

Sebenarnya, kita bisa meminimalkan resiko dampak plastik bagi kesehatan dan membatasi penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari. Jika ingin lebih mengenal jenis material plastik, karakteristik, dan kegunaannya dengan lebih detail, bisa dibaca disini.

Salah satu upaya mengurangi pemakaian plastik adalah dengan menggunakan alternatif penggantinya, wheat straw ( jerami ). Beberapa tahun terakhir ini, produk – produk dari bahan jerami ( wheat straw ) mulai diperkenalkan dan digunakan di berbagai negara.

Selain ramah lingkungan, produk berbasis jerami ini 100% aman untuk makanan ( food grade ), bisa didaur ulang, bebas bahan kimia, ringan, praktis, dan tentunya ekonomis. Produknya pun bermacam – macam, seperti mangkok, piring, sendok, garpu, sumpit, gelas, tumbler, talenan, sikat gigi, kotak penyimpanan, dan sebagainya. Semua terbuat dari wheat straw / jerami. Detailnya bisa anda baca disini.

Food Grade dan Food Safe

Berbicara mengenai peralatan makan dan dapur, tentu ada banyak ragam dan jenisnya. Ada yang terbuat dari stainless steel, plastik, besi, keramik, bambu, jerami, alumunium, silicone, batu, dan lain sebagainya.

Kebanyakan diantaranya tentu food grade. Tetapi, apakah juga food safe ?

Food safe berarti peralatan / perlengkapan food grade tersebut selain aman untuk makanan, juga cocok digunakan untuk kebutuhan lainnya. Dalam artian lain, misalnya saat membeli minuman dalam wadah / kemasan plastik ( food grade ), belum tentu kemasan tersebut cocok jika digunakan untuk minuman panas. Karena bisa saja jenis plastik yang digunakan harus dengan jenis yang berbeda. Sehingga bila digunakan untuk minuman panas tidak sesuai dan akan berdampak bagi kesehatan. Inilah yang dimaksud dengan food safe.

Demikian juga bila ada kemasan makanan / minuman ( food grade ) yang hanya boleh digunakan sekali itu saja. Tidak boleh diisi ulang atau digunakan kembali. Akan tentu berbahaya bila digunakan berulang – ulang.

Contoh produk food safe misalnya tumbler, lunch box, atau soup container dan lain – lain yang memang materialnya bisa dipakai berulang kali, bisa untuk makanan panas / dingin, asam, dan tentu aman bagi kesehatan.

Jadi, dengan informasi mengenai food grade dan food safe diatas, semoga membuat kita lebih memahami pengertian dan perbedaannya.

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda memilih produk peralatan / perlengkapan dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

“Asta Homeware, Better Life Better Home”

Barbeque on fire

Apa Itu Barbekyu ? Apa Bedanya Dengan Grill Dan Roasting ?

Author: Asta & You
Ceramic Coating Pan

Panci Ceramic Coating, Benarkah Bagus ?

Author: Asta & You
panci cast iron

Mengenal Panci Cast Iron, Panci Favorit Para Chef

Author: Asta & You

There are 6 comments

  1. […] Namun kamu juga perlu memperhatikan apakah alat masak yang kamu gunakan sudah memiliki kualifikasi food grade atau […]

  2. […] 1.      Material Stainless Steel (Foodgrade) […]

  3. […] dari bahan dasar food grade dan ada sisir didalamnya untuk menyaring helaian mie. Memiliki bentuk simpel dan amat sederhana […]

  4. […] pada pendapat Asta Homeware, perbedaan Food Grade dan Food Safe terletak pada standar keamanannya. Food Safe merupakan level […]

  5. […] dari bahan dasar food grade dan ada sisir didalamnya untuk menyaring helaian mie. Memiliki bentuk simpel dan amat sederhana […]

  6. Quinten Sharp 2 months ago

    I do not even understand how I ended up here, but I assumed this publish used to be great

Leave your thought