Panci dengan Marble Coating, Apakah Lebih Bagus ?

24 Feb

Banyak jenis, warna, model, dan ukuran panci / wajan yang dijual di toko. Ada yang berbentuk bulat, persegi, atau oval. Ada juga yang dilapisi coating ( lapisan pelindung ), ada yang tidak. Coating pun jenisnya bermacam – macam. Ada yang non stick coating, diamond coating, marble coating, ceramic coating, dan lain – lain. Semua memiliki keunggulan dan ciri khas masing – masing.

Apa sebenarnya marble coating itu ? Apakah berbeda dengan jenis coating cookware lainnya ? Dan apakah memang lebih bagus ?

Pemahaman

Apapun jenisnya, coating adalah untuk melindungi agar produk tidak mudah rusak. Pada peralatan masak, coating bertujuan agar makanan tidak mudah lengket serta mudah dibersihkan, dan tentu saja agar alat masak yang digunakan lebih awet.

Peralatan masak atau panci dengan marble coating beberapa waktu lalu sempat trending. Ada yang mengklaim tahan gores, lebih kuat, lebih awet, bahkan terbuat dari atau ada campuran marmer. Benarkah demikian ?

Marble Coating

Peralatan masak dengan marble coating bukan terbuat dari marmer ( kristalin kasar ). Marble coating adalah jenis coating PTFE ( anti lengket ) yang diberi tambahan motif marble dots sehingga menyerupai marmer. Tidak ada kandungan marmernya sama sekali.

Jadi, marble coating adalah motif dari coating itu sendiri dan dibuat menyerupai motif marmer. Sedangkan jenis coatingnya adalah anti lengket atau non stick coating.

Untuk info detailnya bisa anda baca disini.

Baca juga : Panci Tebal vs Tipis, Seberapa Penting Sebenarnya ?

Panci Marble Coating
Non Stick Wok Asta with Marble Coating

Apakah Marble Coating Anti Gores / Tahan Gores ?

Pada umumnya, panci / peralatan masak yang anti lengket rawan tergores. Demikian pun sebaliknya, peralatan masak yang anti gores akan cenderung lengket.

Mengapa demikian ?

Panci yang anti lengket biasanya menggunakan coating atau lapisan anti lengket untuk melindungi logam / material dasarnya agar tidak lengket. Jadi jika anda menggunakan spatula logam atau benda tajam saat memasak atau membersihkannya, tentu akan ‘melukai’ lapisan anti lengket tersebut.

Juga saat dibersihkan, jika digosok atau disikat dengan keras akan rawan tergores. Oleh sebab itu, jangan gunakan steel wool saat mencuci / membersihkannya.

Steel Wool atau Bola Besi

Beberapa kali pemakaian mungkin tidak kelihatan. Tetapi bila dilakukan berulang kali, akan terlihat goresan / cuilan kecil pada permukaannya. Saat itulah lapisan anti lengketnya mulai terkelupas dan bisa ikut larut dalam masakan. Ini jelas berbahaya bagi kesehatan.

Marble coating menggunakan lapisan anti lengket. Yang berarti tidak anti gores ( bisa menyebabkan goresan ).

Baca juga : Panci Anda Anti Lengket ? Anda Perlu Tahu Ini

Kesimpulan

Sama seperti peralatan masak anti lengket lainnya, saat menggunakan peralatan masak dengan marble coating hindari pemakaian spatula logam / benda tajam saat memasak atau mencucinya. Karena hal itu akan merusak lapisan anti lengketnya, apapun merek panci anda.

Panci dengan marble coating merupakan salah satu variasi teknik coating pada cookware dengan menambahkan motif / dots yang tampak seperti marble atau marmer. Sehingga lebih terkesan mewah dan elegan.

Kuat atau tidaknya suatu coating tergantung pada jenis, teknik, dan kualitas coating yang digunakan. Faktor lain seperti ketebalan material, teknik produksi, juga mempengaruhi kekuatan dari sebuah cookware.

Sehingga dalam hal ini perlu diteliti faktor – faktor yang disebutkan diatas sebelum bisa menyimpulkan bahwa panci dengan marble coating lebih kuat, lebih bagus dari panci dengan jenis coating yang lain.

Demikian pendapat kami. Bagaimana dengan anda ?

Tutup Kaca Panci, Hal Kecil Tapi Penting. Mengapa ?

Author: Asta & You

Panci Serbaguna Tutup Kaca, Praktis dan Lengkap

Author: Asta & You

Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Author: Asta & You

Leave your thought