Home » Mengenal Jenis Mie Korea

Mengenal Jenis Mie Korea

Mie Korea Jajangmyeon

Hingga saat ini, mungkin sudah ada ribuan judul lagu, film, atau drama Korea ( drakor ) yang ditonton orang Indonesia. Jutaan orang di seluruh dunia juga menjadi penggemar film, tv series, makanan, atau lagu – lagu hits Korea. Termasuk banyak yang menggemari mie Korea ( ramen ) yang memang enak rasanya.

Sejak sepuluh tahun lalu, pengaruh Korean Wave atau disebut juga Hallyu masih sangat kuat. Selain film, lagu, dan drakornya, fashion, model rambut, kosmetik, hingga kuliner Korea banyak tersebar dimana – mana.

Jika diperhatikan, dalam setiap film atau drakor, hampir selalu ada scene dimana aktor atau aktrisnya terlihat menyantap mie Korea. Bentuk dan jenis mienya juga bermacam – macam. Ada yang berwarna coklat kehitaman, berkuah, dengan rasa pedas, asin, dingin, dan sebagainya.

Sebenarnya, apa saja jenis mie Korea ? Apakah benar enak seperti yang terlihat di drakor ?

Jajangmyeon

Salah satu mie Korea yang sering tampil di film atau drakor adalah jajangmyeon. Mie ini terbuat dari tepung gandum dengan tekstur agak tebal. Ciri khasnya terletak pada saus kacang kedelai hitam ( disebut chunjang ) yang dicampurkan ke dalam mie, lalu ditambahkan bawang merah / bawang bombay, potongan daging atau ikan sesuai selera.

Ada beberapa variasi jajangmyeon lainnya seperti samseon jajang, ganjajang, dan samseon ganjajang. Ternyata, jajangmyeon dikenal sebagai mie para jomblo yang biasanya dikonsumsi saat perayaan Black Day di Korea.

Jajangmyeon juga banyak dijual di supermarket dalam bentuk instant noodle dan rasanya tidak berbeda jauh dengan versi resto.

Memil Guksu

Jenis mie yang satu ini mungkin kurang populer di Indonesia. Terbuat dari buckwheat ( gandum kuda ) yang biasanya dibuat menjadi mie soba. Disajikan dingin dengan minyak wijen atau perilla oil, daun perilla, rumput laut, dan diberi tambahan topping daging, telur rebus, dan acar lobak.

Memil guksu kuahnya relatif sedikit dan biasanya disajikan saat musim panas di Korea. Rasanya amat khas. Dan oleh karena disajikan dingin, jenis mie Korea ini kurang banyak penggemarnya di Indonesia.

Mie Korea Memil Guksu
Memil Guksu Image by mykoreankitchen.com

Mie soba sering digunakan dalam menu Korea, Jepang, dan China. Jika ingin mencoba membuat mie soba di rumah, tersedia alat / gilingan mie nya yang bisa dilihat disini.

Bibim Guksu

Jika anda pernah mencicipi bibimbap ( sejenis nasi campur khas Korea ), maka bibim guksu adalah mie campur khas Korea.

Bibim guksu juga disajikan dingin dan biasanya dimakan saat musim panas di Korea.

Umumnya bibim guksu diberi topping atau campuran lainnya seperti daging, telur, kubis, wortel, lobak merah, atau seafood. Setelah itu dicampur dengan beraneka macam jenis saus yang terdiri dari minyak wijen, kecap, cuka, gojuchang sauce, madu, dan gula jawa.

Rasa kecut, asam, manis, dan asin khas Korea akan terasa berpadu dengan tesktur crunchy dari sayuran sehingga memakan Bibim Guksu memberikan sensasi tersendiri.

Japchae

Termasuk salah satu mie Korea yang sangat populer, tidak heran jika Japchae selalu tersedia di menu resto – resto Korea. Seperti jajangmyeon, kemasan instant Japchae juga banyak dijual di supermarket.

Banyak orang menyebut japchae sebagai bihun Korea. Sebenarnya sebutan ini agak keliru, karena Japchae terbuat dari pati kentang yang disebut dangmyeon / cellophane noodles. Mirip soun di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, soun tidak sama dengan bihun.

Japchae enak rasanya dan banyak digemari orang. Resepnya relatif mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahan – bahan atau campuran Japchae seperti gambar di bawah ini, dan jika anda berminat membuatnya sendiri, resepnya bisa dilihat disini.

Bahan - bahan membuat Mie Korea Japchae
Japchae Ingredients. Image by drivemehungry.com

Kal Guksu

Mie kuah khas Korea yang satu ini banyak dikonsumsi saat musim dingin. Terasa hangat, simple, dan menenangkan.

Kal guksu adalah mie dari tepung terigu yang dipotong dengan pisau. Tidak diekstrusi atau dipintal. Dimasak dengan kaldu ayam atau daging sapi, dan diberi topping sayuran, telur, daun bawang, dan sebagainya. Disajikan dalam mangkok besar, hangat dan rasanya enak.

Versi kal guksu yang lain seperti bajirak kalguksu, haemul kalguksu, atau dak kalguksu. Biasanya juga dilengkapi dengan side dish kimchi atau acar lobak. Butuh yang hangat – hangat ? Cobain Kal Guksu.

Baca Juga : Bumbu Instan Vs Bumbu Alami, Pilih Yang Mana ?

Ramen – Ramyeon

Sebenarnya, ada perbedaan antara ramen dan ramyeon ( ramyun ). Ramen disajikan fresh atau dari mie basah, sedangkan ramyeon lebih ke instant noodles atau mie kering yang sudah dikemas.

Ramen maupun ramyeon sama – sama terbuat dari tepung terigu dan umum dikonsumsi sehari – hari.

Mie Instant Korea
Shin Ramyun Produksi Nongshim, salah satu merek ramen yang terkenal di Korea

Ramyun sangat populer dan digemari di Korea. Mirip dengan Indomie atau mie Sedaapp di Indonesia. Pilihan rasanya banyak dan dikemas dalam kemasan praktis siap saji. Harganya juga relatif murah.

Ramen dan ramyun banyak dipopulerkan oleh aktris, aktor, maupun selebriti Korea baik di film, drakor, maupun iklan televisi. Oleh sebab itu, tidak heran jika ramyun juga populer di Indonesia.

Varian ramyeon ada beberapa yang terkenal seperti kimchi ramyeon, samyang buldak, kkokkomyeon, dan jjapaghetti. Banyak pilihan ramyeon yang bisa anda dapatkan di supermarket terdekat.

Lain – Lain

Jika ditelusuri, ada lebih dari 20 jenis mie Korea dengan bahan, rasa, tekstur, dan cara penyajian yang berbeda – beda. Sebut saja Jjampong, Jjolmyeon, Naengmyeon, Dotori guksu, Gamja guksu, Cheonsachae, Gogi guksu, dan sebagainya. Ada yang disajikan dingin atau panas. Ada yang kering, basah, dan semi kuah. Pedas, berkaldu padat, ringan, dan tidak pedas. Semuanya memiliki cita rasa yang khas.

Dan karena budaya, cara makan, bumbu masak, dan kebiasaan orang Asia hampir mirip, tidak mengherankan jika masakan Korea banyak yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Hampir di setiap kota besar di Indonesia ada food stall atau resto Korea. Makanan ringan seperti Tteokbokki, Mandu, Hotteok, maupun minuman seperti Soju cukup dikenal.

Mie instant maupun menu masakan Korea yang simple juga bisa dipraktekkan di rumah. Bagi anda yang mau mencoba memasak mie ala Korea, silakan cek produk Asta Homeware yang terbaru, Korean Noodle Pots. Materialnya dari stainless steel anti karat, tebal, Food Grade, dan tentu khas Korea. Praktis dan sudah dilengkapi juga dengan sumpit Korea.

Panci Masak Mie Korea
Korean Noodle Pot – Asta Homeware

Jadi, tunggu apa lagi ? Makan ramen sambil nonton drakor favorit yuk !

“Kesehatan tak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan dapur / masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message