Home » Japanese Sushi : Tradisi Yang Terus Berkembang

Japanese Sushi : Tradisi Yang Terus Berkembang

Sushi

Jika anda pernah mencicipi Japanese sushi, pasti teringat akan rasanya yang khas. Segar alami dan bentuknya yang unik, menjadi ciri khas sushi.

Selain bunga sakura, gunung Fuji, dan baju kimono, sushi adalah salah satu ikon negara Jepang yang sangat terkenal. Jenis sushi cukup banyak dan biasanya terbuat dari campuran nasi, sayuran, seafood seperti ikan, cumi, kepiting, dan sebagainya. Dibentuk sedemikian rupa oleh tangan – tangan terampil sushi chef , membuat tampilan sushi unik dan menarik.

Sushi adalah makanan tradisional Jepang yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan menjadi salah satu makanan favorit banyak orang di banyak negara.

Sejarah

Sushi populer dan dikenal berasal dari Jepang, akan tetapi sebenarnya berasal dari negeri China. Awalnya dari cara mengolah ikan laut hasil tangkapan nelayan agar lebih tahan lama.

Saat itu, agar lebih tahan lama, hasil tangkapan ikan laut ditempatkan di dalam tong kayu bersama dengan garam dan nasi, kemudian difermentasi. Setelah selesai, ikannya diambil dan nasinya dibuang begitu saja. Ikan hasil fermentasi inilah yang kemudian dikenal dengan nama narezushi di Jepang.

Seiring berjalannya waktu, narezushi berkembang menjadi berbagai jenis. Ada namanarezushi, izushi, nigirizushi, sugatazushi, kokerazushi, chirashizushi, dan sebagainya. Karena banyak yang membuatnya, setiap prefecture ( sebutan untuk area tertentu seperti negara bagian di Amerika ) di Jepang memiliki nama khas sushinya masing – masing.

Itulah sebabnya, ada begitu banyak jenis dan nama Japanese sushi hingga saat ini. Saking banyaknya, tidak ada klasifikasi yang baku mengenainya, karena tiap orang atau resto bisa memberikan nama atau sebutan untuk sushi yang dibuatnya.

Baca Juga : Mengenal Ponzu, Kecap Jepang Legend

Original / Traditional Sushi

Jika ingin mencicipi rasa original sushi yang asli, anda bisa mencari resto Japanese sushi yang menyediakan menu traditional narezushi.

Jenis narezushi yang terkenal adalah funazushi yang berasal dari prefektur Shiga. Ikannya menggunakan ikan mas dari danau Biwa ( Lake Biwa ) di Jepang, yang disebut nigorobuna. Tetapi jangan kaget, rasa funazushi cenderung tidak enak, amis, dan sangat asam.

Original narezushi jarang dijual di Indonesia, tetapi di luar negeri bisa diperoleh di supermarket atau dijual secara online. Akan tetapi, karena jenis ikannya susah diperoleh dan teknik pembuatannya yang rumit, narezushi menjadi makanan yang langka dan mahal.

Modern Sushi

Japanese sushi yang sering disajikan di resto – resto Jepang saat ini kebanyakan adalah modern sushi. Rasa dan karakter asli traditional sushi Jepang sudah banyak mengalami modifikasi. Pengaruh kuliner barat, konsep fusion food, dan budaya setempat, sangat berperan terhadap rasa dan jenis sushi yang ada sekarang.

Dulunya, sushi hanya mengandung 3 bahan utama yaitu nasi, nori ( rumput laut ), dan ikan. Sedangkan pada sushi modern, hampir semua jenis bahan makanan lain bisa ditambahkan.

Beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, kakap, makerel, termasuk udang, kepiting, belut, crab sticks, cumi, bulu babi ( sea urchin ), bahkan daging sapi atau ayam, bisa digunakan dalam pembuatan sushi modern.

Sayuran dan buah – buahan seperti alpukat, yuzu ( lemon Jepang ), timun, tahu, wortel, daun bawang, jamur, paprika, juga kecap khusus seperti nikiri maupun mayonnaise, wasabi, telur ikan salmon, telur dadar, tepung roti, labu, kedelai, kerap digunakan sebagai campuran dalam sushi modern.

california roll sushi
California Roll – Image by 196 Flavors

Menu sushi Jepang seperti California Roll, Spider Roll, Aburi Salmon, Dragon Roll, Caterpillar, Salmon Floss Roll, dan sebagainya, adalah contoh modern sushi atau fusion sushi. Rasa dan tampilannya kebanyakan sudah disesuaikan dengan lidah / selera lokal.

Bagi anda yang menyukai rasa otentik dari sushi, menu seperti futomaki, norimaki, atau nigirizushi, bisa menjadi pilihan karena rasanya cenderung plain. Sedangkan, jika anda menyukai rasa yang kuat atau nendang, pilihan fusion sushi seperti caterpillar, salmon floss, dynamite roll, tiger roll, akan lebih sesuai.

Japanese sushi adalah tradisi makanan ratusan tahun yang terus berkembang hingga sekarang dengan berbagai rasa dan bentuk. Jadi, daripada bingung, yuk ke resto sushi sekarang juga !

Baca Juga : Tempura, Gorengan Enak Khas Jepang

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda memilih dan menggunakan produk peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message