0
Rp0.00
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Memilih Stock Pots Steamer yang Tepat untuk Memasak

Stock Pot Steamers Asta
02 Nov

Anda pernah mendengar atau menggunakan stock pots steamer ? Ya, stock pots steamer adalah panci seperti gambar pada judul artikel ini. Kebanyakan orang menyebutnya panci kukus, panci tinggi, panci dandang, panci stock pot, dan sebagainya.

Stock pots biasanya satu set panci dengan beberapa ukuran yang bentuknya agak tinggi. Ada 2 pegangan di kanan kiri dan memiliki tutup. Ada yang dilengkapi piringan steamer ( steamer racks ) yang bisa digunakan untuk mengukus makanan, ada yang tidak.

Karena bentuknya cenderung tinggi, biasanya stock pots digunakan saat memasak dalam jumlah yang agak banyak. Restaurant, hotel, depot, warung, banyak menggunakan stock pots. Demikian juga saat ada acara di rumah, banyak orang menggunakan stock pots.

Mengingat stock pots umum digunakan saat memasak dan dijual dengan berbagai merek dan ukuran, sebenarnya bagaimana memilih jenis stock pots yang tepat ? Apakah ada bedanya ? Berikut beberapa tipsnya.

Jenis Material

Material stock pot ada beberapa macam, ada yang dari stainless steel, aluminium, besi, atau kaca. Tiap jenis material alat masak tentu memiliki keunggulannya masing – masing, infonya bisa dibaca disini.

Di Indonesia, kebanyakan yang digunakan adalah yang berbahan stainless steel, anti karat. Seperti yang kita ketahui, stainless steel ada beberapa jenis tergantung kandungan besi, nikel, dan chromium di dalamnya. Inilah yang membedakan kualitas dan daya tahannya terhadap karat. Pilihlah yang memang materialnya food grade sehingga aman digunakan.

Ketebalan

Stock pots dan banyak panci stainless steel lainnya terbuat dari lembaran logam yang dilubangi sesuai ukuran, dicetak, dibentuk, dan dipoles. Lembaran logam tersebut bisa tebal / tipis sesuai dengan yang diinginkan. Jenis atau grade stainless steel yang digunakan juga disesuaikan dengan kebutuhan.

blank
Asta Mini Stock Pots

Jika ingin menggunakan stock pots untuk jangka panjang, pilihlah yang bahannya lebih tebal / berat. Sehingga lebih awet dan tidak mudah pesok atau bocor. Sayang kan, jika baru memakainya beberapa kali kemudian bocor atau mudah pesok.

Stock pots bisa digunakan di kompor gas dan elektrik. Jika bahan stainless steel yang digunakan bersifat magnetik, bisa juga digunakan pada kompor induksi.

Ukuran

Saat ini banyak ukuran stock pots yang tersedia di pasar. Mulai dari ukuran yang lebih kecil seperti mini pots, single pot ( satuan ), duo stock pots, maupun yang berupa sets dengan ukuran yang lebih besar.

Satu set stock pots biasanya terdiri dari 4 ukuran : 22, 24, 26, dan 28 cm atau 24, 26, 28, dan 30 cm. Tutup pancinya juga ada yang full stainless steel, kombinasi ( setengah kaca ), maupun yang full kaca. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Polished

Di pasar banyak dijumpai panci / peralatan masak stainless steel dengan ketebalan maupun tingkat kecerahan yang berbeda – beda. Ada yang cantik berkilau, ada yang biasa, dan ada juga yang cenderung kusam / hitam. Mengapa demikian ?

Selain dari jenis / grade stainless steel yang digunakan, agar bisa tampil berkilau, produk berbahan stainless steel harus melalui proses finishing yaitu dengan dipoles ( polished ). Proses ini membuat stainless steel lebih ‘cantik’ berkilau, lebih tahan terhadap karat dan bakteri, tidak mudah meninggalkan noda / bercak, dan lebih mudah dibersihkan.

Dari segi biaya, stainless steel yang melalui proses polished finishing biaya produksinya juga lebih mahal. Itulah sebabnya, biasanya peralatan masak stainless steel yang berwarna kusam / lebih gelap cenderung lebih murah.

Aksesoris

Sebagian jenis stock pots dilengkapi dengan steamer racks ( lembaran kukus ) yang juga terbuat dari stainless steel. Ada juga yang tidak. Beberapa merek juga menambahkan aksesoris lain di dalamnya sebagai pelengkap seperti capit makanan ( food tongs ), spons cuci piring, sendok sayur, dan lain – lain.

Jika harganya tidak terlalu jauh berbeda atau bahkan sama, adanya aksesoris yang lengkap bisa menjadi pertimbangan. Mungkin suatu saat anda membutuhkannya, daripada harus membeli lagi. Pilihlah sesuai kebutuhan anda.

Jadi, kini anda sudah mengetahui beberapa tips dalam memilih / membeli stock pots. Memang harga yang murah akan terasa efisien. Akan tetapi tentu keamanan dan kesehatan anda jauh lebih penting bukan ?

blank

Mengapa Tepung Terigu Berwarna Putih ?

Author: Asta & You
Roti

Mengenal Tepung Terigu, Kegunaan, dan Perbedaannya

Author: Asta & You
buah dan sayuran organik

Apakah Makanan Organik Memang Lebih Sehat ?

Author: Asta & You

Leave your thought