0
Rp0.00
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Beli Minyak Wijen, Mana yang Terbaik ?

19 Apr

Mungkin anda salah satu orang yang suka menambahkan minyak wijen ke dalam makanan. Selain aromanya yang wangi, menambahkan sedikit minyak wijen ke dalam makanan akan terasa lebih lezat. Tapi tahukah anda, ada beberapa jenis minyak wijen dengan karakteristik yang berbeda – beda ? Mana yang terbaik ?

Apa itu Minyak Wijen ?

Minyak wijen atau sesame oil berasal dari biji wijen yang diproses dan diekstrak. Rasa dan aromanya khas dan biasanya digunakan sebagai penguat rasa / aroma dalam makanan. Makanan seperti mie, sup, daging panggang, salad, umumnya menambahkan sesame oil agar lebih wangi dan lezat. Sesame oil sangat sering digunakan dalam makanan Asia seperti makanan China, Korea, Jepang, dan India.

Nama ilmiah sesame oil sesamum indicum, tergolong dalam tanaman biji – bijian yang bisa dimakan. Banyak digunakan dalam makanan, kosmetik, dan obat – obatan.

Jenis Minyak Wijen & Nutrisi

Minyak wijen kaya akan antioksidan, membantu mengontrol gula darah, dan anti radang. Selain itu, sesame oil juga mengandung asam lemak omega 6 yang baik untuk jantung. Setiap sendok makan sesame oil mengandung 119 kcal, lemak, vitamin E & K, omega 3 & 6. Detail manfaat minyak wijen bisa anda baca disini.

Jenisnya ada 2 yaitu : toasted dan regular. Toasted sesame oil diperoleh dengan memanggang biji wijen hingga kecoklatan kemudian diekstrak. Warnanya lebih gelap dengan rasa yang lebih tajam. Karena aromanya sudah tajam, biasanya orang memakai toasted sesame oil untuk seasoning atau marinasi saja, bukan untuk memasak.

Regular vs Toasted Sesame Oil. Image by Decorative Journals

Regular / light sesame oil warnanya lebih cerah dan aroma atau rasanya lebih ringan. Regular sesame oil umum dipakai untuk memasak ataupun seasoning / marinasi.

Karena aroma dan rasanya tajam, perhatikan jumlah yang digunakan. Jangan sampai melebihi kebutuhan karena akan mempengaruhi rasa original masakan yang akan dihidangkan.

Merek Apa yang Terbaik ?

Sesame oil sangat umum digunakan dalam berbagai jenis makanan. Oleh sebab itu, banyak produsen / pabrikan yang membuatnya dengan berbagai merek. Produksi rumahan pun banyak yang bisa membuatnya. Seperti halnya olive oil / minyak zaitun, sesame oil yang diproduksi bisa berbeda – beda aroma, rasa, maupun kekentalannya. Tergantung dari jenis biji wijen yang digunakan, lama dipanggang, proses dan teknik produksi, dan lain – lain.

Akan tetapi, kami berusaha mengumpulkan beberapa merek terbaik dari referensi yang ada berikut ini :

  • Kadoya dari Jepang
  • Lee Kum Kee dari China
  • Maruhon dari Jepang
  • Oh Guan Hing / Matahari dari Indonesia
  • Double Pagoda dari Singapore
  • Ghee Hiang dari Malaysia
  • Angsa Mas dari Indonesia

Merek sesame oil diatas banyak digunakan di resto – resto maupun oleh chef profesional. Mungkin ada beberapa produk yang susah ditemukan di supermarket lokal, tetapi anda bisa membelinya via online.

Cara Penyimpanan

Setelah digunakan, tutup rapat botol / wadah minyak wijen. Simpan di tempat kering dalam lemari dapur.

Minyak wijen tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Tetapi bila ingin menyimpannya lebih lama, anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas. Sesame oil tidak mudah rusak selama disimpan dengan baik.

MSG Tidak Baik Bagi Tubuh. Betulkah Demikian ?

Author: Asta & You

Apa Yang Dibutuhkan Waktu Piknik Saat Pandemi ?

Serupa Tapi Tak Sama, Junk Food vs Fast Food

Author: Asta & You

Leave your thought