Apa Itu Barbekyu ? Apa Bedanya Dengan Grill Dan Roasting ?

Barbeque on fire
23 Nov

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak orang merayakannya dengan makan – makan bersama teman atau keluarga di resto, hotel, cafe, atau di rumah. Memanggang daging, ikan, sate, jagung, atau sosis sambil bercengkerama tentu sangat menyenangkan. Istilahnya barbekyu.

Sebenarnya, apa itu barbekyu ? Mengapa banyak yang menyukainya ? Apa bedanya dengan grilling atau roasting ?

Barbekyu

Banyak orang menyebutnya dengan barbeque, BBQ, barbecue, atau barbekyu. Adalah salah satu teknik memasak biasanya berupa daging, ikan, sosis, atau makanan lainnya yang diletakkan di atas panggangan besi atau grill. Dimasak di atas api atau arang, dan di ruangan terbuka.

Seperti di Indonesia, banyak negara juga menggemari barbecue. Amerika, Australia, Jepang, Korea, Eropa, hingga Afrika. Di Afrika Selatan bahkan ada Braai Day, dimana banyak orang merayakannya dengan berkumpul bersama sambil barbecue.

Braai Day Celebration
Braai Day – Image by Living Zone

Braai day ( heritage day ) yang diperingati pada tanggal 24 September setiap tahunnya dipercaya bisa menyatukan seluruh rakyat Afrika yang multiras. Mengapa ? Karena saat Braai Day, keluarga dan orang terdekat yang jarang bertemu biasanya datang berkumpul dan merayakannya bersama – sama. Tidak ada perbedaan bahasa, ras, gender, maupun status ekonomi. Semua orang barbekyuan sambil bergurau dan melepas rindu. Itulah mengapa braai day merupakan salah satu hari yang penting di Afrika. Menarik, bukan ?

Itulah sebabnya, mengapa barbekyu disukai banyak orang. Sebenarnya, bukan karena makanan yang disajikan dengan cara dipanggang, tetapi karena keseruan dan kebersamaan saat acara BBQ tersebut. Memasak sambil makan bersama, ngobrol, dan bercanda, tentu lebih mengasyikkan daripada makan sendiri.

Beda Barbekyu Dengan Grill Dan Roasting

Bagi kebanyakan orang, barbeque, grilling, atau roasting pengertiannya sama. Kesannya sama – sama dimasak dengan cara ‘dipanggang’. Namun, sebenarnya ada perbedaan diantara ketiganya.

Teknik barbekyu biasanya hanya menggunakan bumbu seadanya untuk melumuri daging, ikan, atau makanan yang akan dipanggang. Umumnya menggunakan bumbu kering, yang kemudian dipanggang dalam waktu yang relatif lama, slow cooked, dan makanan tidak langsung bersentuhan dengan api. Daging atau makanan akan matang sempurna secara perlahan dan akan terasa lebih smoky ( beraroma asap ).

Beda dengan grill, daging atau makanan yang akan dipanggang biasanya dimarinasi terlebih dahulu. Sehingga rasa dan aroma bumbunya lebih kuat dan menyatu dengan makanan. Api dari panggangan atau arang biasanya langsung bersentuhan dengan makanan saat di grill. Teknik grill adalah memasak dengan cepat dan siap saji.

Roasting sendiri dikenal sebagai teknik memanggang yang menggunakan panas oven. Meskipun, beberapa orang juga menggunakan teknik roasting lain dengan memanfaatkan api dari kayu atau arang. Dengan panas oven yang lebih stabil, memungkinkan makanan matang sempurna dan bagian luarnya bisa lebih kering / garing. Saat di roasting, biasanya orang melumuri kembali makanan dengan bumbu tambahan menggunakan kuas agar lebih meresap dan menambah aroma. Roasting juga membutuhkan waktu yang relatif lama agar makanan bisa matang sempurna karena biasanya roasting menggunakan makanan yang bertekstur padat seperti ayam, bebek, babi, domba, dan sebagainya.

Jenis makanan yang digunakan baik untuk barbekyu, grill, atau roasting, bisa sama atau bervariasi, tergantung selera dan hasil makanan yang diinginkan. Tentu saja, setiap teknik memanggang yang berbeda, menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda juga.

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Saat Barbekyu

Jika membaca pengertian diatas, teknik memanggang yang umum digunakan di Indonesia adalah barbekyu dan grill. Persiapan untuk membuat barbecue / grill di rumah agak ribet, tapi tentu kehangatan dan kebersamaan saat barbekyuan yang didapatkan akan sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.

Peralatan dan bahan yang perlu dipersiapkan :

  • Daging, ikan, sosis, kentang, sayuran, atau makanan lain yang akan digunakan. Sesuaikan dengan jumlah orangnya. Usahakan makanan dalam kondisi fresh.
  • Bumbu BBQ yang biasanya terdiri dari bawang putih, saos tomat, cuka, air, garam, minyak, kecap, dan lain – lain. Resepnya bisa dilihat disini atau disini. Atau jika ingin yang lebih simple, bumbu BBQ ready to use sudah banyak dijual di supermarket.

Grill Pan
Koki Pan – Asta Homeware

  • Kompor gas portable atau arang. Saat menggunakan grill pan, tentu arang tidak perlu digunakan lagi. Pastikan gas atau arang yang disediakan cukup karena tentu acara BBQ anda akan berantakan jika gas atau arang sudah habis sebelum acara selesai.
  • Peralatan pendukung lainnya seperti : food tong ( capitan makanan ), kipas tangan / elektrik, penjepit arang, kuas bumbu, garpu grill, pisau, sarung tangan, dan lain – lain.
  • Saos pelengkap ( dipping sauce ) sebagai pendamping makanan. Bisa dibuat sendiri atau membeli yang sudah banyak tersedia di supermarket, seperti saus teriyaki, yakiniku, dabu – dabu, chili oil, honey mustard, dan sebagainya. Tentu saja disesuaikan dengan selera masing – masing.
  • Sediakan makanan pembuka maupun penutup sebagai pelengkap, misalnya salad, buah – buahan, puding, es campur, atau lainnya. Tentu saja, minuman dingin seperti fruit punch, soda, cocktail, atau es campur, juga menjadi pilihan yang menyenangkan.
  • Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah alat kebersihan seperti tissue, kain lap, air, sabun, yang sekiranya diperlukan saat akan makan atau membersihkan tangan.

Demikian info mengenai barbekyu, jadi kapan acaranya ?

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan / membeli peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Ponzu Kecap Jepang

Mengenal Ponzu, Kecap Jepang Yang Legend

Author: Asta & You
Dipping Sauce

Bagaimana Membuat Dipping Sauce Yang Enak ?

Author: Asta & You
Panci Tognana Italy

Panci Ceramic Coating, Benarkah Bagus ?

Author: Asta & You

Leave your thought