Wajan Stainless Steel Cocoknya Untuk Masak Apa Saja

25 Jun

Pencinta kuliner jalanan / street food pasti familiar banget dengan wajan ini. Banyak food stall, resto kaki lima, abang nasi goreng, depot, resto, hingga hotel berbintang menggunakan wajan stainless steel. Ukurannya juga bervariasi dari diameter 28 cm hingga 60 cm pun ada.

Sebagian orang suka menggunakannya karena terkesan eksklusif dan sensasi memasaknya berbeda. Sebagian lagi kurang menyukainya karena relatif lebih mudah lengket. Akan tetapi sudah banyak tips dan trik menggunakannya agar tidak mudah lengket.

Perhatikan saja di dapur – dapur resto atau chef terkenal, peralatan masaknya banyak menggunakan bahan stainless steel. Mulai dari panci, wajan, wok, mangkok basin, grater, pisau, dan sebagainya. Mengapa ?

  • Eksklusif dan Berkelas

Tak bisa dipungkiri, kilau stainless steel yang berkualitas baik memberikan kesan berbeda saat digunakan. Tampilannya yang bersih, mengkilap, dan anti karat, membuatnya menjadi pilihan yang tepat di dapur. Diletakkan di meja atau disajikan saat acara tetap cocok dan berkelas.

  • Pemanasan Lebih Merata

Material stainless steel menghantarkan panas lebih lama dibandingkan material lainnya seperti besi atau aluminium. Tetapi mampu menahan panas lebih lama dan merata. Oleh sebab itu, memasak menggunakan wajan stainless steel tidak membutuhkan waktu yang lama.

  • Anti Karat dan Mudah Perawatannya

Merawat peralatan masak / panci stainless steel tidak ribet. Setelah digunakan, cukup dicuci dengan air dan sabun, dan dilap kering. Bahannya pun anti karat sehingga tidak butuh perawatan khusus. Memasak dengan spatula logam pun tidak masalah.

Baca Juga : Jenis Material Alat Masak Apa Yang Terbaik ?

Cocok Untuk Masak Apa Saja ?

Untuk deep frying, apalagi dengan temperatur tinggi, maka sangat dianjurkan menggunakan wajan stainless steel. Misalnya menggoreng tempura udang, french fries, corn dog, chicken katsu, dan sebagainya. Juga lebih aman karena minim resiko mengeluarkan gas / zat kimia beracun jika terjadi overheat.

Bagi yang suka fast cooking / memasak cepat seperti membuat telur mata sapi, menumis sayur, panci berbahan stainless steel ini juga cocok karena bisa menahan panas lebih lama dan merata. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasak.

Pada dasarnya, wajan stainless steel cocok digunakan untuk memasak apa saja. Menumis, memasak, menggoreng, deep fry, atau merebus, cocok saja. Sebelumnya, tentu anda perlu mengetahui beberapa tips cara menggunakannya, agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Agar hasilnya maksimal, sebelum digunakan, panaskan dahulu wajan stainless steel sekitar 2 menit lalu tuangkan sedikit minyak dan ratakan. Ini akan membuatnya anti lengket dan panasnya pun sudah merata. Siap digunakan.

Wajan stainless steel juga tersedia dalam berbagai ukuran dan model. Sebagai referensi, ada beberapa wajan stainless steel berikut ini yang bisa jadi pilihan. Semuanya terbuat dari material tebal dan berkualitas, dan yang pasti 100% FOOD GRADE !

Jika berminat, anda bisa membeli atau memilihnya disini atau disini.

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli / menggunakan peralatan dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Ada Berapa Jenis Sendok di Dunia ?

Author: Asta & You
Sup ayam ginseng Korea

Samgyetang, Sup Ayam Korea Beragam Manfaat

Author: Asta & You

Mengenal Jenis Mie Korea Dan Perbedaannya

Author: Asta & You

Leave your thought