Tips Jitu Membuat Poached Egg Sempurna

10 Jan

Penggemar ramen atau mie kuah tentu akrab dengan poached egg atau telur rebus. Biasanya telur rebus ditambahkan ke dalam kuah ramen / mie sebagai pelengkap. Ada yang utuh bulat, setengah, setengah matang, atau matang. Di atasnya biasanya ditaburi merica kasar atau biji wijen.

Poached egg di cafe atau resto biasanya berupa telur rebus setengah matang berbentuk oval atau menyerupai tetesan air ( teardrop ). Bagian putihnya lembut dan yang kuning akan lumer keluar saat dipotong.

Tak bisa dipungkiri, saat dipotong dan kuning telur mengalir keluar seperti lava, tampilan poached egg begitu menarik dan menggoda selera. Ditambah lagi aroma dan rasanya yang enak di lidah, hmmm…

Bagaimana cara membuatnya ? Cukup mudah. Dan agar anda bisa mempraktekkannya di rumah, kami sudah merangkum berbagai tips jitu membuat poached egg sempurna.

# Tips 1 : Panci

Untuk menghasilkan poached egg seperti di cafe atau resto, diperlukan panci atau pots yang dalam. Pilihan panci atau pots yang dalam bisa dilihat disini atau disini.

Poached egg akan terbentuk dengan sempurna jika menggunakan panci yang dalam.

# Tips 2 : Cuka yang Cukup

Isi air 3/4 penuh dan panaskan hingga mendidih. Saat air mendidih, masukkan cuka ( white vinegar ) hingga baunya terasa. Jangan masukkan cuka sebelum air mendidih. Cuka akan membantu mengentalkan / mengeraskan putih telur. Akan ada sedikit aroma cuka pada poached egg.

Kecilkan apinya dan tunggu sesaat hingga temperatur air sekitar 70 – 85 derajat Celcius. Aduk air, pecahkan telur dan masukkan.

# Tips 3 : Jangan Gunakan Garam

Beberapa orang menambahkan garam ke dalam air saat membuat telur rebus. Hindari hal ini karena garam akan membuat putih telurnya menyebar dan susah terbentuk.

# Tips 4 : Aduk atau Putar Air

Tidak ada cara lain untuk menghasilkan bentuk yang sempurna selain memasak poached egg satu persatu, bukan bersamaan. Dan sebelum telur dimasukkan ke dalam air, pastikan untuk mengaduk / memutar air menggunakan sendok atau spatula untuk menghasilkan pusaran air di dalam panci.

Telur yang pecah akan ikut berputar dan membentuk satu kesatuan berbentuk oval / tetesan air. Anda bisa membantu membentuknya agar lebih sempurna dengan bantuan sendok.

# Tips 5 : Gunakan Timer

Gunakan timer atau arloji anda untuk menentukan kapan telur akan diangkat. Waktu standarnya adalah 2 – 4 menit, tergantung ukuran telur yang digunakan dan kuning telur yang diinginkan. Semakin lama diangkat, putih dan kuning telur akan semakin solid / padat.

Image by Sauder’s Eggs

# Tips 6 : Gunakan Air Es

Siapkan wadah yang telah diisi dengan air dingin atau air plus es batu. Saat telur diangkat, segera masukkan ke dalam wadah air dingin tersebut agar bentuknya terjaga dan tidak mudah pecah saat disajikan.

Poached eggs biasanya disajikan dengan sayuran, mie, roti, nasi, ramen, salad, atau potongan daging sesuai selera. Diberi garam dan merica sedikit dan dimakan begitu saja juga enak. Jadi, tunggu apa lagi ? Ayo buat poached eggs cantik buat keluarga tercinta !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli / menggunakan peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Tutup Kaca Panci, Hal Kecil Tapi Penting. Mengapa ?

Author: Asta & You

Panci Serbaguna Tutup Kaca, Praktis dan Lengkap

Author: Asta & You

Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Author: Asta & You

Leave your thought