Telur Ayam, Nutrisi, dan Manfaatnya bagi Kesehatan

10 Jan

Telur ayam adalah jenis telur yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Selain enak dan mudah diperoleh, telur ayam juga murah dan sangat bergizi. Selain telur ayam, telur bebek dan puyuh juga sering dikonsumsi orang. Di beberapa tempat, telur penyu, ikan, dan jenis unggas lainnya umum dimakan.

Ada banyak jenis telur di seluruh dunia. Meskipun kebanyakan aman untuk dikonsumsi, ada beberapa kondisi telur yang sebaiknya tidak dimakan. Telur yang sudah retak, lengket, berjamur, lembek, berbau busuk / amis, atau terjadi perubahan warna yang tidak semestinya, sebaiknya dihindari.

Di artikel ini, akan dibahas mengenai berbagai jenis telur, nutrisi, dan manfaatnya bagi kesehatan. Yuk disimak !

Sejarah

Telur dipercaya telah dikonsumsi lama sejak manusia ada. Tidak ada catatan atau dokumen sejarah yang menulis sejak kapan telur dikonsumsi. Karena mudah diperoleh, enak rasanya, mudah diolah sebagai makanan, salah satu sumber protein utama, bergizi, dan murah harganya, telur sudah menjadi primadona sejak dahulu kala.

Kata ‘telur’ sendiri berasal dari bahasa Nordik kuno egg, yang kurang lebih artinya “tubuh yang terbentuk dari hewan betina”.

Jenis Telur

Unggas, reptil, dan serangga bertelur. Sebagian kecil species ikan berkembang biak dengan 0beranak, namun kebanyakan bertelur. Tidak semua jenis telur bisa dimakan. Selain susah diperoleh dan tidak umum, juga belum ada penelitian lebih lanjut mengenai nutrisi dan keamanannya. Adapun jenis telur yang ada dan umum dikonsumsi di seluruh dunia adalah sebagai berikut :

  1. Telur ayam
  2. Telur bebek
  3. Telur itik
  4. Telur angsa
  5. Telur burung puyuh
  6. Telur ikan / Roe
  7. Telur burung unta
  8. Telur penyu
  9. Telur burung kalkun
  10. Telur burung camar

Telur Balut. Image by mashed.com

Ada juga beberapa jenis yang dikonsumsi masyarakat tertentu sebagai makanan eksotik, seperti telur ‘balut’ di Philipina, larb mote daeng di Thailand, century egg dan virgin boy egg di China.

Nutrisi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Dalam 1 butir telur ayam rebus ( 50 gram ) terkandung : 77 kalori, 6.3 gram protein, 212 mg kolesterol, 5 gram lemak, vitamin A, B, D, Zinc, Calcium, Phospor, dan sebagainya. Telur memiliki struktur profil protein lengkap yang membuatnya menjadi salah satu sumber protein utama yang baik, sekaligus murah.

Baca juga : Benarkah Makan Telur Setiap Hari Tidak Baik ?

Meskipun kandungan kolesterolnya cukup tinggi ( 71% dari kebutuhan kolesterol harian ), makan telur ayam tidak meningkatkan resiko penyakit jantung. Bahkan konsumsi telur cenderung meningkatkan kolesterol baik atau yang dikenal juga dengan HDL.

Telur ayam juga mengandung Choline, yang diketahui berperan penting dalam system saraf, otak, dan perkembangan janin. Juga terdapat Lutein dan Zeazanthin yang berperan dalam kesehatan mata.

Kesimpulan

Terlepas dari kontroversi cara mengkonsumsinya di tiap negara, telur sendiri memiliki beragam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Mengolah telur menjadi makanan yang lezat pun sangat banyak caranya. Direbus, dikukus, diasinkan, direndam, ditumis, digoreng, dan sebagainya. Bisa sebagai makanan utama, pelengkap, maupun penutup. Resep mengolah telur pun sangat banyak ditemukan dalam berbagai cara dari berbagai negara.

Mengolah telur ayam menjadi menu favorit keluarga bisa menggunakan berbagai peralatan dapur sederhana seperti kukusan, panci anti lengket, wajan stainless steel, panci serbaguna, dan sebagainya. Praktis dan efisien.

Mengkonsumsi apapun sebaiknya tidak berlebihan. Meskipun telur memiliki segudang nutrisi penting bagi tubuh, konsumsilah dengan bijak dan secukupnya agar manfaat yang diterima optimal sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli / menggunakan peralatan dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Tutup Kaca Panci, Hal Kecil Tapi Penting. Mengapa ?

Author: Asta & You

Panci Serbaguna Tutup Kaca, Praktis dan Lengkap

Author: Asta & You

Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Author: Asta & You

Leave your thought