Samgyetang, Sup Ayam Korea Beragam Manfaat

Sup ayam ginseng Korea
23 Nov

Jika berbicara tentang Korea, tentu tidak terlepas dari K Pop, hairsytles, drakor, celebs, cosmetics, dan tentu saja, kulinernya. Kimchi, ramyeun, gimbap, bibimbap, bulgogi, japchae, ottogi, dan sebagainya, sepuluh tahun terakhir ini pun sangat familiar di telinga. Salah satu yang sering didengar adalah samgyetang ( 삼계탕 ), sup ayam Korea dengan campuran ginseng dan nasi di dalamnya.

Di resto – resto Korea, selain yukgaejang atau sundubu jigae ( sup tahu pedas ) yang populer, menu samgyetang biasanya selalu tersedia.

Sup ayam ginseng ( samgyetang ) ini biasanya disajikan saat musim panas dan merupakan masakan tradisional yang sudah turun temurun di Korea. Terkenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Meningkatkan stamina, menghangatkan tubuh, dan mengembalikan nutrisi tubuh yang kurang. Itulah sebabnya, samgyetang begitu populer di Korea.

Mengapa Dimakan Saat Musim Panas ?

Di Korea, ada istilah ‘melawan panas dengan panas’. Saat sambok days, yang menandakan 3 hari terpanas di musim panas, banyak orang Korea memasak makanan bergizi untuk memulihkan tubuh. Tradisi tersebut sudah dilakukan sejak lama dan biasanya salah satu pilihan favoritnya adalah memasak samgyetang.

Sambok Days – Image by KoreabyMe.com

Apa Bahan Utama Sup Ayam Korea ?

  • Ayam Utuh

1 ekor ayam utuh yang sudah dibersihkan dibutuhkan untuk membuat samgyetang. Jika memungkinkan gunakan ayam kampung muda, agar lebih gurih dan empuk. Jika tidak ada, ayam horn juga bisa. Tambahkan kaldu ayam murni untuk memberikan cita rasa yang padat.

  • Ginseng

Seperti yang kita ketahui, ginseng memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan stamina dan imun tubuh. Biasanya tersedia ginseng kering ( dried ) atau basah yang dijual di pasar, dengan manfaat yang sama. Anda bisa menggunakan yang kering atau basah, sesuai selera.

  • Bawang Putih

Sebagai salah satu bahan utama sup ayam Korea, bawang putih dikenal baik untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, baik untuk jantung, imun tubuh, dan sebagainya.

  • Jahe

Manfaat jahe bagi kesehatan juga tidak diragukan lagi. Anti inflamasi, anti oksidatif, meredakan batuk, dan biasanya dikonsumsi untuk menghangatkan badan.

  • Jujube

Nama jujube bermacam – macam. Dikenal juga dengan nama angco, daechu ( Korea ), kurma merah, jujuba, putsa, atau kurma China. Serat lignin pada jujube mampu merangsang pembentukan sel imun dan memperkuat sistem imun tubuh. Jujube juga aman dikonsumsi secara rutin.

Angco atau kurma China
Jujube atau Angco – Image by Healthline

Bahan – Bahan Lainnya

Selain bahan utama diatas, bahan – bahan / ingredients lainnya yang biasa ditambahkan ( optional ) dalam samgyetang seperti : beras ketan, chestnut ( kacang kastanye ), kacang ginkgo, atau milk vetch root.

Cara Memasak Sup Ayam Korea ?

Anda bisa menggunakan panci sup yang agak tinggi dan cocok digunakan untuk slow cooking. Pilihan panci supnya ( soup pan / casserole ) ada disini atau disini. Yang penting 1 ekor ayam bisa muat ke dalam panci yang digunakan. Alternatif pilihan lainnya adalah menggunakan stock pots, jika anda memasak dalam jumlah banyak sekaligus.

Jika tertarik, resep samgyetang bisa dilihat disini atau disini. Juga tersedia dalam bentuk kemasan praktis yang memuat bahan – bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat sup ayam Korea favorit anda. Kemasan praktis atau instant ini sudah banyak dijual di marketplace atau supermarket yang menjual produk – produk Korea.

Ayo dicoba !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli / menggunakan peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Ponzu Kecap Jepang

Mengenal Ponzu, Kecap Jepang Yang Legend

Author: Asta & You
Dipping Sauce

Bagaimana Membuat Dipping Sauce Yang Enak ?

Author: Asta & You
Barbeque on fire

Apa Itu Barbekyu ? Apa Bedanya Dengan Grill Dan Roasting ?

Author: Asta & You

Leave your thought