Home » Lebih Sehat Mayonaise Atau Mustard ?

Lebih Sehat Mayonaise Atau Mustard ?

Mustard

Penggemar steak, french fries, burger, udang goreng tepung, sandwich, hotdog, dan sejenisnya, pasti pernah mencicipi mayonaise atau mustard.

Baik mayonaise dan mustard biasanya digunakan sebagai condiment, saos cocolan atau dipping sauce berbagai jenis makanan. Rasanya yang unik menambah cita rasa makanan saat dinikmati.

Sekilas keduanya sama tapi sebenarnya berbeda.

Mayonaise

Terbuat dari campuran kuning telur, minyak sayur seperti canola atau olive oil, garam, dan cuka. Ada juga yang menambahkan beberapa bumbu tambahan seperti gula, madu, lemon, paprika, merica, dan sebagainya. Warna mayonaise cenderung putih atau putih kekuningan.

Mayonaise, mayo, atau mayonnaise berasal dari Perancis sekitar abad ke 18. Biasanya disimpan dalam lemari pendingin dan digunakan sebagai dressings, penguat rasa, dan condiments dalam berbagai makanan. Rasanya sedikit asam dan asin dengan tekstur creamy.

Kentang Goreng Dengan Mayonaise – Image by Tesco Real Food

Mustard

Dikutip dari Wikipedia, mustard atau moster berasal dari biji sesawi yang dihaluskan, diencerkan dengan air, dan ditambahkan dengan bahan – bahan lain seperti cengkeh, cuka, kunyit, atau madu, sesuai selera.

Mustard ada yang rasanya sedikit pedas dan kadang ada yang mencampurkannya dengan mayonaise untuk menghasilkan rasa yang lebih tajam. Warna mustard cenderung kuning karena mengandung kunyit ( turmeric ).

Mana Yang Lebih Sehat ?

Setiap 100 gram mayonaise mengandung 680 kcal, sedangkan 100 gram mustard mengandung 97 kcal. Protein pada mustard 3.74 gram / 100 gram dan mayo 0.96 gram / 100 gram. Sebaliknya, mustard tinggi akan karbohidrat yaitu 5.83 gram / 100 gram sedangkan mayo 0.57 gram / 100 gram.

Mustard sangat kaya akan vitamin B kompleks sedangkan mayo kaya akan vitamin E dan K. Dari sisi mineral yang dikandung, baik mayo maupun mustard memiliki keunggulan mineralnya masing – masing. Detail mengenai risetnya bisa anda baca disini.

Jika dibandingkan lebih jauh, banyak orang berpendapat bahwa mustard lebih sehat karena lebih sedikit kalori dan lebih rendah lemak.

Kesimpulan

Meskipun mustard dinilai lebih sehat daripada mayo, namun selama tidak dikonsumsi berlebihan, mayonaise tetap baik dan bisa dinikmati kapan saja.

Dari segi rasa, baik mayonaise maupun mustard memiliki penggemarnya masing – masing. Bahkan ada yang sering mencampurkan keduanya dalam makanan. Mencampurkan mustard dengan mayo memberikan cita rasa yang kuat. Oleh sebab itu, ada produk siap pakai yang dijual dengan nama Mayomust ( campuran antara mayonnaise dan mustard ).

Mayomust
Mayomust Heinz – Image by Morrisons

Mayonaise maupun mustard bisa digunakan untuk makanan yang sama, misalnya untuk olesan roti, dipping sauce, steak, french fries, sandwich, hotdogs, burger, dan sebagainya.

Agar lebih tahan lama, simpan mayo atau mustard dalam lemari es.

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message