Home » Apakah Abon Sapi Baik Bagi Tubuh ?

Apakah Abon Sapi Baik Bagi Tubuh ?

Abon Sapi

Anda penggemar bubur ? Jika ya, abon tentu tidak asing bagi anda. Umumnya, bubur menggunakan abon sapi atau ayam sebagai topping. Selain itu, condiment lain seperti telur, suwiran daging, bawang goreng, dan sebagainya juga menjadi pelengkap saat makan bubur.

Abon juga sering digunakan sebagai topping atau condiment di berbagai makanan seperti roti, pizza, cake, nasi goreng, dan lain – lain. Banyak yang menyukai abon, tapi ada juga yang menghindarinya.

Apakah abon memiliki kandungan gizi yang baik ? Baikkah bagi tubuh ?

Agar lebih tahu dan mengenal abon, yuk dicek info berikut ini.

Apa Itu Abon ?

Jika anda berada di Malaysia, abon adalah serundeng. Di Indonesia, namanya abon. Di China disebut rousong, dan di Amerika disebut meat floss atau dried shredded meat.

Rousong sangat populer di China karena selain memang abon berasal dari negeri China, abon juga banyak digunakan di berbagai menu makanan disana.

Umumnya, abon terbuat dari suwiran daging yang dikeringkan dengan tekstur halus atau kasar. Daging abon bisa berasal dari daging ayam, sapi, babi, atau ikan.

Proses membuat abon cukup sederhana. Dimulai dari memilih daging yang minim lemak, merebusnya hingga lembut dengan berbagai bumbu tambahan, lalu dimasak kering dengan api kecil diatas wok. Terakhir disuwir tipis – tipis lalu dikemas.

Resep praktis membuat abon bisa dilihat disini atau disini.

Baca Juga : Tips Mengukus Ikan Agar Lembut Sempurna

Manfaat Abon

Abon sering digunakan sebagai condiment, topping, filler, atau snack.

Sebagai pelengkap atau topping, abon umum digunakan sebagai pendamping makanan utama seperti bubur, mie, atau nasi goreng. Filler untuk isian roti, cake, sushi, atau roll. Dan meskipun kurang umum, kadang abon juga digunakan sebagai makanan ringan ( snack ).

Roti Abon
Roti Isi Abon – Image by Cookpad

Abon juga bermanfaat sebagai makanan ‘darurat’ di saat kurang lauk atau merasa bosan dengan makanan yang ada. Itulah sebabnya, banyak rumah tangga menyimpan abon di rumah, baik abon sapi, ayam, ikan, atau babi.

Nutrisi Abon Sapi Vs Daging Sapi

Meskipun abon sapi enak dan banyak yang menggemarinya, sayangnya abon tergolong sebagai makanan olahan. Seperti yang ditulis dalam halodoc, ada beberapa resiko kesehatan jika mengkonsumsi makanan olahan dalam jumlah banyak dan sering.

Bagaimana dengan nutrisinya ? Apakah kandungan nutrisi abon sapi sama dengan daging sapi, atau lebih baik ?

Dari halodoc, disebutkan bahwa kandungan nutrisi daging sapi lebih baik dan lebih lengkap dari abon sapi. Mengapa demikian ? karena untuk menghasilkan abon sapi dibutuhkan proses mengolah dan memasak yang relatif panjang dan lama, sehingga kandungan nutrisi abon sapi akan cenderung berkurang.

Selain itu, agar terasa gurih, kadang ditambahkan gula, minyak, dan garam yang cukup banyak ke dalam abon, sehingga tentu hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Beberapa produk abon bahkan ada yang mengandung bahan berbahaya bagi tubuh, seperti yang terangkum dalam artikel berita berikut.

Kesimpulan

Jadi, nilai nutrisi abon kurang bila dibandingkan daging segar. Juga, ada resiko kesehatan akibat proses mengolah dan memasaknya yang cukup panjang dan lama. Itulah sebabnya, abon tergolong sebagai makanan olahan.

Akan tetapi, bukan berarti abon tidak boleh dimakan dan berbahaya bagi tubuh.

Agar tetap bisa menikmatinya, usahakan saat membuat atau mengolah daging menjadi abon, hindari menggunakan temperatur yang tinggi, batasi juga bumbu dapur seperti gula, garam, atau penyedap rasa yang berlebihan. Pastikan juga proses mengolahnya tetap bersih.

Jika membeli abon kemasan di supermarket, perhatikan kandungan / komposisi bahan – bahannya tidak ada yang berbahaya bagi kesehatan, cek batas kadaluarsanya, dan belilah abon dari supplier yang bisa dipercaya kualitas produknya.

Abon sapi, ayam, atau lainnya tetap baik bagi tubuh selama tidak dikonsumsi berlebihan dan bukan sebagai makanan utama sehari – hari.

Baca Juga : Beli Minyak Wijen, Mana yang Terbaik ?

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware,
Better Life Better Home

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message