0
Rp0.00
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Work From Home, Tips dan Saran

blank
30 Mar

Work from home atau WFH pengertiannya adalah bekerja dari rumah. Istilah ini menjadi populer seiring wabah virus corona covid 19 yang saat ini tengah mengguncang seluruh dunia.

Seperti yang diberitakan, virus covid 19 mudah menyebar dan menular. Sehingga banyak orang diminta untuk membatasi aktivitas pekerjaan dan sosialnya secara fisik. Hal ini menyebabkan banyak orang di banyak negara memberlakukan work from home atau mencoba untuk bekerja dari rumah.

Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah mungkin terasa menyenangkan dan bisa menambah quality time dengan keluarga. Tetapi bagi sebagian orang yang tidak terbiasa, hal ini bisa menimbulkan rasa stress dan tidak nyaman, yang pada akhirnya malah menurunkan produktivitas. Apalagi jika masih memiliki bayi / balita di rumah, work from home akan menjadi tantangan tersendiri : )

Agar bekerja dari rumah bisa tetap berjalan dengan baik, berikut beberapa tips dan saran yang mungkin bisa diterapkan di saat – saat ini :

Hindari kegiatan fisik sebelum bekerja

Sebelum bekerja, hindari aktivitas fisik yang sekiranya bisa menguras tenaga anda. Dengan fisik yang lelah, sangat mungkin membuat anda kehilangan fokus dan energi yang dibutuhkan saat bekerja. Mood pun akan mudah menjadi jelek jika tubuh sedang lelah.

Usahakan tidak ‘double or triple jobs’

Bukan tidak mungkin anda ‘terpaksa’ melakukan beberapa hal di saat yang bersamaan misalnya memasak sambil membuat laporan, mengurus anak sambil menginput data, dan lain – lain. Selain mudah gagal fokus, pekerjaan akan beresiko salah atau makanan anda yang akan gosong. Jadi sebaiknya, usahakan selesaikan saja satu persatu mana yang menurut anda lebih prioritas saat itu.

Catat, rencanakan. Rencanakan, catat.

Bisa saja mendadak timbul ide atau terlintas hal yang penting tentang pekerjaan akan tetapi waktunya tidak tepat karena sedang membersihkan rumah atau sedang menjaga anak.

blank

Daripada lupa, segera ambil memo atau catat di handphone anda, ide atau hal apa yang harus dikerjakan nantinya. Setelah ada waktu luang, review kembali semua catatan anda dan rencanakan penyelesaiannya.

Cari celah waktu

Bekerja dari rumah harus pandai – pandai mengatur waktu, terutama bila memiliki bayi / balita di rumah. Saat anak sedang tidur siang, gunakan kesempatan itu untuk bekerja. Atau anda bisa mensiasati sedikit jam tidur anak di malam hari agar mereka bisa tidur lebih awal, sehingga anda masih punya cukup waktu untuk bekerja setelahnya.

Jaga kesehatan fisik dan mood

Penyesuaian kebiasaan dari bekerja di kantor dan pindah ke rumah, tidak bisa dipungkiri kadang menimbulkan kondisi fisik dan mood yang berubah – ubah. Mudah lelah, mengantuk, rasa malas, mudah emosi, stress, dan lain – lain.

Makan makanan bergizi, tidur yang cukup di malam hari, dan tetap berolah raga ringan akan sangat banyak membantu. Demikian juga dengan menyiapkan beberapa camilan kesukaan, menikmati secangkir kopi, atau sambil mendengarkan alunan lagu favorit, mungkin bisa menjadi mood booster sewaktu anda bekerja.

Usahakan juga anda bisa ‘mencuri’ waktu untuk beristirahat atau tidur sejenak di sela – sela kesibukan anda. Agar tubuh dan pikiran tetap fresh.

Batasi penggunaan handphone selain untuk bekerja

Saat ini begitu banyak informasi yang beredar mengenai virus corona covid 19 mulai dari gejala, reaksi, jumlah pasien, dan lain – lain. Sebagian diantaranya adalah benar, sebagian lagi adalah hoax / kebohongan.

Saat WFH, banyak orang juga mulai mencoba hal – hal baru yang selama ini tertunda / terabaikan. Mencoba menu baru, berjualan makanan, alat kesehatan, berolah raga, sepedaan, up load foto – foto lama, up date status di sosmed lebih sering, dan lain – lain.

Semua itu dengan mudah bisa diakses lewat handphone dan mungkin tanpa disadari membuat kita bermain handphone atau membaca berita terlalu lama dan intens.

Bayangkan jika sebagian besar waktu kita di rumah yang seharusnya bisa produktif tetapi sebaliknya digunakan untuk mengakses informasi / hal lain yang kurang penting atau kurang bermanfaat. Batasi penggunaan handphone anda sebisa mungkin hanya untuk bekerja.

Bangun lebih pagi

Tidak ada salahnya di situasi seperti ini kita bangun lebih pagi. Selain pikiran lebih fresh, waktu yang ada bisa digunakan untuk bekerja atau mempersiapkan aktivitas yang akan dilakukan. Sambil bekerja, anda bisa menikmati indahnya matahari pagi yang baru terbit, yang mungkin membuat mood anda lebih baik seharian.

Ajak bicara orang sekeliling anda

Jika memang anda dikejar dengan deadline / tenggat waktu pekerjaan, jangan ragu untuk membicarakannya dengan orang – orang di rumah. Mintalah bantuan kepada suami / istri / orang tua / saudara / anak, agar anda diberikan ‘privacy’ untuk sejenak. Bisa juga anda meminta bantuan mereka untuk menjaga anak – anak anda sebentar agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Terkadang kita tidak menyangka bantuan dan pengertian yang bisa diberikan oleh orang – orang di sekeliling kita. Cobalah untuk membicarakannya.

Siapkan perlengkapan dan peralatan kerja

Apakah anda seorang profesional, seorang pengusaha, ataupun seorang karyawan, anda pasti membutuhkan perlengkapan dan peralatan saat bekerja.

Kita tidak mungkin membawa seluruh peralatan kerja dari kantor ke rumah, tetapi siapkanlah yang memang utama dan sering anda gunakan selama ini. Usahakan WFH tetap membuat anda bekerja dengan profesional. Pastikan juga hal pendukung lainnya seperti internet, computer, alat tulis, dan lain – lain sudah tersedia dan berfungsi dengan baik.

Me time

Sepadat – padatnya dan sesibuk – sibuknya pekerjaan anda, pastikan selalu ada me time, waktu untuk diri kita sendiri. Setelah kesibukan dan mungkin ‘kekacauan’ seharian di rumah 🙂 , anda berhak mendapatkan privilege untuk diri sendiri.

blank

Nikmati waktu anda dengan baik. You earned it.

Baca Juga : Resep Sup Ayam Sehat Menenangkan

Tetap positif dan berdoa

Tetap berpikiran positif saat work from home. Percayalah segala sesuatu akan menjadi lebih baik karena orang – orang yang memang ahlinya sedang bekerja maksimal melakukan tugasnya. Bantulah mereka dengan mengikuti peraturan yang telah dianjurkan.

Kerjakan tugas dan kewajiban yang memang menjadi tanggung jawab kita. Gunakan waktu sebaik mungkin dengan keluarga tercinta. Dan yang paling penting berdoa. Tuhan maha tahu akan setiap permasalahan yang dihadapi dan pasti akan memberikan yang terbaik bagi kita semua.

Asta Homeware
Better Life, Better Home

blank

Mengapa Tepung Terigu Berwarna Putih ?

Author: Asta & You
Roti

Mengenal Tepung Terigu, Kegunaan, dan Perbedaannya

Author: Asta & You
buah dan sayuran organik

Apakah Makanan Organik Memang Lebih Sehat ?

Author: Asta & You

Leave your thought