Perlukah Mengganti Panci Yang Sudah Pesok ?

24 Jun

Karena sering digunakan, panci atau wajan di rumah tentu rawan rusak, tergores, atau pesok. Kadang tergores kecil, kadang juga bisa pesok terkena benturan. Ada yang cukup dalam dan parah, ada yang hanya goresan halus atau pesok kecil saja. Apakah perlu diganti ?

Berikut beberapa tips yang bisa dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengganti panci / wajan anda yang sudah pesok.

Ketebalan Material Panci

Yang perlu diperhatikan dahulu adalah ketebalan materialnya. Memang wajan atau panci yang tebal bukan ukuran bahwa akan lebih awet, karena jika digunakan dengan salah atau perawatannya keliru, juga tetap mudah rusak. Akan tetapi, material yang tebal akan relatif lebih tahan terhadap benturan atau goresan.

Lapisan Anti Lengket

Jika wajan yang anda gunakan adalah anti lengket ( non stick ), sebaiknya segera diganti bila sudah tergores. Ini menandakan lapisan anti lengketnya mulai rusak, dan terkelupas. Sehingga jika digunakan memasak, lapisan anti lengket tersebut akan mudah ikut larut ke dalam masakan. Ini jelas berbahaya dan beresiko bagi kesehatan.

Baca Juga : Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Tingkat Kerusakan

Bagaimanapun, karena sering digunakan, wajan atau peralatan masak di rumah sebaiknya diganti secara berkala. Mengapa ? Karena jika sudah digunakan relatif lama, biasanya akan terdapat goresan, pesok, berkarat, dan sebagainya. Apalagi, jika selama ini cara pemakaian dan perawatannya kurang baik tentu akan lebih mudah rusak.

Jika terdapat pesok yang cukup parah, yang mengakibatkan lapisan anti lengketnya terkelupas atau material pancinya tampak terlihat jelas, sebaiknya segera diganti. Atau bila terdapat goresan yang cukup dalam di sisi bagian dalam dan terasa jelas di tangan, sebaiknya wajan tersebut tidak digunakan lagi.

Jika goresannya halus dan wajar karena pemakaian, atau terdapat pesok sedikit yang tidak merusak lapisan anti lengketnya, maka wajan tersebut masih aman untuk digunakan.

Jadi, tidak semua panci yang sudah pesok atau tergores perlu diganti segera. Selama masih wajar dan permukaannya tidak rusak, maka masih aman untuk digunakan.

Tips :

Bila panci anda anti lengket, jangan gunakan spatula / alat masak yang tajam atau dari logam. Demikian pula saat dibersihkan, jangan menggunakan steelwool ( bola besi ) atau dikorek dengan benda tajam.

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli / menggunakan peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Wajan Stainless Steel Cocoknya Untuk Masak Apa Saja

Author: Asta & You

Tutup Kaca Panci, Hal Kecil Tapi Penting. Mengapa ?

Author: Asta & You

Panci Serbaguna Tutup Kaca, Praktis dan Lengkap

Author: Asta & You

Leave your thought