0
Rp0.00
  • An empty cart

    You have no item in your shopping cart

Memanggang Kue Tanpa Minyak Tanpa Ribet

blank
17 Oct

Anda tentu pernah mencoba atau sering memanggang kue / roti kesukaan keluarga. Bagi sebagian orang, hal itu mungkin terasa ribet dan lebih praktis membelinya langsung. Akan tetapi, tahukah anda, kini memanggang kue bisa tanpa perlu mengolesi minyak dan tanpa ribet lagi. Lebih simple dan lebih hygienis. Caranya ?

Pernah denger silpat / silmat / silicone mat / baking mat ?

Beberapa tahun terakhir ini penggunaan silicone mat ( juga dikenal dengan sebutan ‘silmat’ ) banyak digunakan sebagai salah satu alternatif cara memanggang kue / roti. Selain lebih hygienis, dengan menggunakan baking mat / silicone mat, memanggang kue menjadi jauh lebih praktis.

Baking mat berasal dari Eropa. Disana kebanyakan orang sudah menggunakan baking mat sebagai alas / tatakan kue untuk memanggang. Lebih praktis dan menghemat waktu, juga efisien.

Bahannya menggunakan silicone food grade ( yang sama dengan silicone pada dot bayi ) yang diproduksi khusus untuk memanggang menggunakan oven. Apakah aman ? Ya, tentu saja.

Baking mat aman untuk makanan dan karena juga dipasarkan di Amerika, sehingga sudah lolos uji FDA ( badan / lembaga di Amerika Serikat semacam BPOM ).

Penggunaan dan Perawatan

Cara penggunaannya sangat mudah. Letakkan baking mat diatas loyang. Cetak adonan yang diinginkan diatasnya, beri jarak antar adonan. Setelah selesai, masukkan adonan ke dalam oven. Simple kan ? Tanpa perlu diolesi mentega / margarin lagi dan tidak lengket.

silicone mat untuk memanggang kue
Silicone mat untuk memanggang kue, roti, biscuit, macaroon, dll

Silicone / baking mat yang dimasukkan ke dalam oven, apakah bisa meleleh ? Tentu tidak.

Silicone mat food grade telah didesain bisa tahan hingga suhu 260 derajat Celcius. Jadi aman untuk digunakan.

Pada umumnya, memanggang kue / cookies membutuhkan temperatur sekitar 175 – 200 derajat celcius saja.

Dengan menggunakan silicone mat, memanggang kue, roti, biscuit, menjadi lebih menyenangkan karena tidak ribet dan tidak belepotan mentega. Tidak berminyak, tidak lengket, dan tidak mahal. Lebih sehat dan sekaligus lebih efisien.

Mengapa lebih efisien ? Karena baking mat bisa digunakan hingga ribuan kali ( lebih dari 3,000 kali ). Setelah dipakai, lap dengan air hangat hingga tidak ada sisa adonan atau kotoran yang menempel. Keringkan dan simpan dalam kondisi tergulung agar lebih awet.

( Tips : jangan dilipat agar fiberglass yang terdapat dalam silicone mat tidak rusak )

Jadi, jangan ragu untuk mencoba sendiri memanggang kue atau roti kesukaan anda. Karena sekarang memanggang kue tanpa ribet lagi. Pastikan juga anda memilih produk baking / silicone mat yang food grade.

Baca Juga : Apa itu Food Grade dan Food Safe ?

Jika anda membeli silicone mat ( silpat / silmat ), pastikan silicone mat tersebut tidak berminyak / berbau. Bisa juga terjadi perubahan warna dan bentuk setelah selesai digunakan. Jika demikian, mungkin material yang digunakan bukan kualitas food grade dan ini tentu akan berbahaya bagi kesehatan anda dan keluarga.

Pastikan anda membeli silicone mat dari merek / perusahaan yang terpercaya, dan dengan kualitas food grade.

Kesehatan keluarga tidak ternilai harganya, pastikan anda memilih merek / produk yang sudah terjamin kualitasnya.

“Better life better home’

blank

Perlukah Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak ?

Author: Asta & You
blank

Jenis Beras Apa yang Terbaik ?

Author: Asta & You
blank

Memasak Nasi dengan Rice Cooker dan Perawatannya

Author: Asta & You

Leave your thought