Teknik Memanggang Yang Baik Seperti Apa ?

Crisper Asta
23 Nov

Memanggang ikan, daging, sayuran, maupun kue, pada dasarnya memiliki teknik memanggang yang berbeda – beda. Hasil panggangan yang diinginkan pun bisa disesuaikan tergantung selera. Misalnya ingin daging dengan sedikit aroma asap atau tingkat kematangannya medium well, ada teknik tersendiri yang bisa dilakukan. Demikian pula jika ingin memanggang kue tanpa minyak dan lebih praktis, cukup menggunakan alas panggangan atau baking mat yang bisa meminimalkan penggunaan minyak.

Ada beberapa teknik memanggang yang bisa diketahui agar hasil panggangan bisa sesuai dengan selera. Berikut informasinya !

Cara Memanggang

Ada 5 teknik memanggang yang dikenal yaitu grilling, broiling, baking, toasting, dan roasting. Apakah sama ? Ya, secara umum pengertiannya hampir sama yaitu memanggang. Tetapi ternyata ada perbedaan diantaranya.

Grilling

Pengertian grilling adalah cara memasak / memanggang dimana makanan bersentuhan langsung dengan sumber panas, misalnya arang atau api. Contohnya seperti memanggang sate, yakiniku, atau jagung bakar.

Bisa juga dengan menggunakan griller / gridiron atau panggangan semacam grill pan. Api atau sumber panas kebanyakan berasal dari bawah dan dengan temperatur yang tinggi.

Memanggang dengan grill pan umumnya menggunakan butter atau bumbu basah agar tidak mudah lengket dan sekaligus memberikan rasa gurih pada makanan. Cocok untuk digunakan memanggang daging steak, ikan, sosis, maupun sayuran pelengkapnya ( side dishes ) seperti kentang goreng, tomat, wortel, dan sebagainya. Biasanya dilakukan marinasi sebelum di grill. 

Untuk tingkat kematangan medium, panggang daging dengan cara dibolak balik selama 5 – 7 menit dan untuk medium well selama 8 – 10 menit. Ini juga harus disesuaikan dengan ukuran dan ketebalan dagingnya.

Jangan memanggang daging terlalu matang karena akan menjadi alot dan kurang ‘juicy’. Akan tetapi jika memanggang daging ayam harus sampai matang.

Broiling

Broiling dan grilling sama – sama membutuhkan temperature tinggi, hanya pada teknik broiling sumber panas atau api biasanya berasal dari atas. Pengertian lain dari broiling adalah memanggang pada temperature tinggi dengan menggunakan radiasi panas dari oven.

teknik memanggang broiling

Agar memperoleh hasil yang maksimal, sesuaikan temperature oven. Jika menggunakan oven electric dengan temperature tinggi, bukalah sedikit penutup oven agar tidak terjadi overheat. Ini agar tidak mudah gosong dan panggangan matang dengan sempurna. Ada beberapa teknik memanggang dengan oven yang bisa anda pelajari disini.

Baking

silicone mat

Istilah baking umum digunakan untuk memanggang kue, roti, atau biscuit dengan menggunakan oven. Panas yang berasal dari oven mengubah adonan tepung dan mentega mengembang dan menjadi kue atau roti. Agak kering di luar tetapi empuk di dalam.

Untuk hasil panggangan yang lebih sempurna, coba gunakan baking mat / silicone mat yang sudah berkualitas food grade. Baking mat membuat kue, roti, biscuit yang dipanggang tidak berminyak.

Baking mat juga menggantikan fungsi kertas roti dan mentega saat menempatkan adonan di loyang. Selain tidak berminyak, memanggang menjadi tidak ribet.

Toasting

Teknik memanggang toasting
Bread Toasting

Teknik memanggang makanan agar tampak berwarna coklat keemasan dikenal dengan istilah toasting. Pada umumnya toasting identik dengan roti yang dipanggang hingga berwarna coklat keemasan. Selain itu, teknik toasting juga dipakai untuk memanggang kacang – kacangan seperti mente, almond, dan lain – lain.

Untuk mendapatkan efek warna coklat keemasan, cukup gunakan sedikit minyak atau margarin saat toasting. Di rumah tangga, restaurant, atau hotel, biasanya menggunakan toaster agar lebih praktis.

Roasting

Teknik baking dan roasting hampir sama. Sama – sama menggunakan aliran udara panas yang dihasilkan oleh oven pada temperature tinggi sehingga menghasilkan kulit luar yang agak kering / crispy. Perbedaannya adalah baking identik dengan memanggang adonan dengan tekstur lembut seperti kue, biscuit, dan roti. Sedangkan roasting identik dengan memanggang makanan dengan tekstur solid / padat seperti daging atau sayuran.

Jangan ragu untuk melumuri dengan bumbu yang banyak sebelumnya agar rasa panggangan benar – benar meresap. Karena saat roasting akan cukup banyak bumbu yang terbuang.

Setelah matang, diamkan dahulu selama 10 menit agar bumbu lebih meresap dan sebagian menjadi karamel.

Apa yang Perlu Diperhatikan

Seperti yang diucapkan oleh chef Anna Olson, “Baking may be regarded as a science, but it’s the chemistry between the ingredients and the cook that gives desserts life. Baking is done out of love, to share with family and friends, to see them smile”.

Bukan hanya sekedar makanan yang kita sajikan di atas meja, tetapi itu adalah hasil yang dikerjakan dengan cinta untuk dibagikan kepada orang – orang tercinta. Jadi tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil panggangan memberikan cita rasa terbaik.

Baca dan Pelajari Resep dengan Baik

Mempelajari resep dengan detail membuat kita mengerti bahan – bahan apa yang perlu dipersiapkan, kapan harus digunakan, seberapa banyak yang harus digunakan, dan cara menggunakannya bagaimana. Dengan demikian, kesalahan yang tidak perlu saat memasak bisa dihindari.

Persiapkan Bahan – Bahan yang Diperlukan

Persiapkan dengan baik sebelum memulai, bahan – bahan apa yang dibutuhkan. Timbang, ukur, potong, giling, atau proses sesuai resepnya sebelum mulai memasak. Ini akan membantu proses memasak lebih siap dan tidak terburu – buru.

Kualitas Bahan yang Dipakai

Jangan ragu untuk menggunakan bahan – bahan terbaik yang bisa digunakan. Daging salmon segar yang baru dipotong tentu kualitasnya akan berbeda dengan yang sudah berada di mesin pendingin selama 2 minggu.

Seringkali juga terjadi bumbu masak dengan merek tertentu rasanya akan berbeda jika menggunakan merek yang lain, meskipun jenisnya sama. Ini karena kandungan bahan setiap merek bisa berbeda – beda. Kualitas bahan yang dipakai sangat menentukan kualitas rasa masakan.

Perhatikan Temperature dan Besar Kecilnya Api

Tingkat kematangan panggangan sangat penting. Aroma, tekstur, kerenyahan, dan rasa akan sangat bergantung pada temperature masak yang digunakan. Atur temperature masak sesuai resep atau sesuai yang dibutuhkan. Kontrol temperature masak dengan rutin agar memperoleh hasil yang pas. Tentukan juga sumber panas yang diinginkan apakah dari atas, bawah, samping, atau dari segala arah.

Gunakan Peralatan Masak yang Sesuai dan Aman

Gunakan panggangan dan peralatan masak yang baik agar cita rasa dan kualitas masakan anda sesuai yang diinginkan. Peralatan masak yang baik adalah yang sesuai dengan penggunaannya dan aman untuk makanan ( food grade ).

Baca Juga : Apa itu Food Grade dan Food Safe ?

Untuk hasil panggangan yang sempurna, selain harus matang dengan merata, sebisa mungkin minyak dan lemak tidak ikut tercampur ke dalam makanan sehingga lebih sehat.

Demikian info seputar teknik memanggang yang baik, selamat mencoba !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda memilih produk peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

“Better Life, Better Home”

Ponzu Kecap Jepang

Mengenal Ponzu, Kecap Jepang Yang Legend

Author: Asta & You
Dipping Sauce

Bagaimana Membuat Dipping Sauce Yang Enak ?

Author: Asta & You
Barbeque on fire

Apa Itu Barbekyu ? Apa Bedanya Dengan Grill Dan Roasting ?

Author: Asta & You

Leave your thought