Home ยป Liburan Saat Peak Season, Persiapkan Hal Penting Berikut Ini

Liburan Saat Peak Season, Persiapkan Hal Penting Berikut Ini

Antrian Liburan Peak Season

Saat musim liburan, biasanya hampir semua tempat wisata, pusat perbelanjaan dan kuliner dalam kondisi ramai. Jalan – jalan pun cenderung macet, apalagi saat liburan peak season. Banyak orang yang berlibur atau mengunjungi sanak saudara.

Seperti yang kita ketahui, saat liburan ada istilah low season, high season, dan peak season. Dan sesuai maknanya, low season adalah musim atau waktu liburan yang tidak umum sehingga biasanya cenderung sepi pelancong / wisatawan. High season adalah waktu liburan yang ramai, contohnya saat liburan sekolah, lebaran, dan akhir tahun. Sedangkan peak season menandakan puncak musim liburan yang biasanya bertepatan juga dengan saat libur di luar negeri seperti Natal dan akhir tahun.

Berlibur di low season, high season, dan peak season tentu situasi dan biayanya berbeda.

Saat high atau peak season, biasanya dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang lebih matang dibandingkan berlibur di waktu low season. Tentu tujuannya agar liburan tetap aman dan nyaman di saat begitu banyak orang juga berlibur bersama. Apa saja yang harus disiapkan saat liburan peak season ?

Pekerjaan Dan Bisnis

Hal yang penting namun seringkali terlupakan adalah mempersiapkan pekerjaan dan bisnis anda untuk hal – hal yang kadang tidak terpikirkan.

Misalnya ada relasi yang mendadak berkunjung, jadwal produksi yang tetap harus terpenuhi, distribusi yang terlambat karena jadwal pengiriman yang berubah, situasi emergency, dan sebagainya.

Sebaiknya diskusikan dengan team dan buat check list apa saja yang sekiranya perlu diantisipasi mengenai pekerjaan dan bisnis anda sebelum berangkat liburan. Siapkan juga alarm reminder sebagai pengingat dan contact person / staff lain yang bisa mewakili anda jika saat itu anda tidak bisa dihubungi.

Ingatlah, saat peak season semua hal yang terkait dengan transportasi akan sangat padat dan biayanya bisa meningkat beberapa kali lipat. Sehingga, jika tiba – tiba harus kembali karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan, belum tentu anda bisa tiba tepat waktu. Demikian pula, dengan perbankan yang juga libur saat peak season atau adanya pembatasan layanan, tentu ini perlu diantisipasi dengan baik.

Cek jaringan bank dan ATM terdekat jika sewaktu – waktu anda membutuhkannya.

Hotel Business Center – Image by New World Makati Hotel

Memang saat membutuhkannya, beberapa hotel menyediakan business center yang bisa digunakan untuk keperluan kantor sederhana seperti computer, fax, fotocopy, print, atau meeting kecil. Bahkan ada hotel yang menyediakan layanan cukup lengkap seperti jasa sekretaris, kurir, hingga jasa penerjemah ( translator ). Tetapi tentu ada biaya layanan yang dikenakan dan belum tentu saat itu semua fasilitas tersebut berjalan sesuai kebutuhan anda.

Baca Juga : Tips Mengukus Ikan Agar Lembut Sempurna

Keamanan Dan Kebersihan

Saat liburan peak season, orang dari berbagai tempat datang dan pergi. Tua, muda, laki – laki, perempuan, penduduk lokal, maupun orang asing, akan anda jumpai. Mungkin diantara mereka ada yang sedang flu atau menderita penyakit lain, mungkin juga ada yang menunggu kesempatan untuk berbuat negatif di saat anda lengah.

Berikut beberapa saran dan tips agar anda dan keluarga tetap aman dan nyaman saat liburan peak season :

  • Usahakan selalu makan tepat waktu dan istirahat yang cukup agar tidak jatuh sakit saat liburan. Jika aman dan ada kesempatan, tidurlah sejenak.
  • Tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan lebih sering mencuci tangan.
  • Usahakan untuk menghindari kerumunan.
  • Bawa obat – obatan penting atau vitamin yang dibutuhkan. Jangan berpikir akan membelinya nanti di tempat tujuan, karena belum tentu tersedia dan belum tentu lengkap.
  • Pertimbangkan untuk membawa peralatan makan pribadi karena mungkin resto yang anda kunjungi sedang full booked. Bisa juga anda terjebak kemacetan panjang sehingga harus membeli makanan di tempat lain yang kurang memadai. Dengan membawa peralatan makan pribadi, akan lebih leluasa untuk tetap makan tepat waktu. Apalagi, jika membawa anak – anak atau orang tua.

Pilihan peralatan makan sederhana bisa anda lihat disini dan disini. Praktis, nyaman, dan Food Grade.

  • Jika menggunakan toilet / kamar mandi umum, bersihkan dahulu sebisanya sebelum menggunakannya. Perhatikan juga keamanan di sekitar toilet tersebut. Jika merasa ragu, minta teman atau saudara untuk berjaga diluar.
  • Paspor, uang, perhiasan, dan dokumen penting lainnya usahakan selalu dibawa bersama anda. Simpan di tempat yang relatif susah dijangkau oleh orang lain, misalnya di dalam jaket atau di kantong bagian dalam pakaian.
  • Selalu membawa makanan kecil dan minuman secukupnya untuk mengantisipasi jika sewaktu – waktu anda berada di lokasi yang tidak tersedia makanan / minuman.
  • Usahakan tidak menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal kecuali dalam kondisi darurat.
  • Catat dan simpan nomor – nomor telepon penting setempat, misalnya rumah sakit, polisi, airport, asuransi, taxi, stasiun, dan sebagainya. Pastikan juga HP anda bisa berfungsi dengan baik.

Antrian Saat Liburan Peak Season

Hampir tidak mungkin menghindari antrian saat libur peak season. Mulai dari berangkat hingga saat pulang pun, antrian akan selalu relatif padat. Bagaimana sebaiknya ?

  • Jika terjebak dalam kemacetan, pastikan kendaraan selalu terkunci. Selalu perhatikan situasi sekitar anda. Antrian panjang kendaraan akan membuat orang mudah emosi / marah sehingga cenderung kurang berhati – hati.
  • Saat mengantri di restaurant atau di tempat wisata, kadang orang menjadi tidak sabar. Menyerobot antrian, ngomel, atau marah, sangat umum terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk reservasi ( booking ) apa yang bisa direservasi sebelumnya. Gunakan hotline service, aplikasi pembantu, atau pertimbangkan untuk delivery service jika memungkinkan.

Table Reservation – Image by Hotelier India

  • Berada dalam antrian yang rapi dan teratur tidak menjamin saat anda tiba di depan, masalah akan selesai. Karena bisa saja makanan / tiket yang akan dibeli sudah habis atau harus menunggu lagi. Jadi, selalu persiapkan plan B atau menanyakan / mengecek ke counter depan apakah masih cukup tersedia sebelum anda mulai mengantri. Perkirakan juga panjang dan waktu antriannya.
  • Sadarilah bahwa semua orang yang berada dalam antrian memiliki keinginan yang sama dengan anda. Oleh sebab itu, usahakan tetap sabar dan disiplin saat berada dalam antrian. Jika memang terlalu panjang dan lama, pertimbangkan untuk pindah ke alternatif lainnya. Usahakan datang 30 – 60 menit lebih awal jika memungkinkan untuk menghindari antrian.
  • Tetap bersikap waspada saat mengantri. Selalu perhatikan orang – orang yang berada di sekeliling anda. Simpan uang, dompet, dan HP anda dengan baik.
  • Jika anda membawa anak – anak, jangan lengah. Pastikan anda dan keluarga bisa mengawasi mereka setiap saat. Ajari mereka jika suatu saat tiba – tiba terpisah, harus berkumpul dimana dan menghubungi siapa. Beri nomor telepon yang bisa dihubungi dan catatan penting lainnya, masukkan dalam saku / kantong pakaiannya.

Check In Dan Check Out Hotel

Anda tentu sudah menyadari saat liburan peak season hampir semua fasilitas dan layanan tidak bisa berfungsi sebaik dan senyaman saat low season. Demikian juga, saat check in dan check out hotel seringkali terjadi antrian panjang. Agar lebih nyaman, beberapa tips dan saran berikut mungkin bisa dicoba :

  • Check in lebih telat, check out lebih awal. Biasanya, check in hotel adalah jam 2 siang dan check out jam 12 siang. Anda bisa mencoba check in di sore atau malam hari dan check out di jam 10 atau 11 siang untuk menghindari antrian padat. Atur jadwal liburan anda agar bisa sesuai dengan waktu check in dan check out hotel yang direncanakan.
  • Jika harus tiba di hotel lebih awal, umumnya barang bawaan bisa dititipkan di concierge hotel sambil menunggu waktunya check in. Ingatlah untuk meminta tag / bukti terima dari staff concierge saat menitipkan barang anda. Pastikan juga koper atau tas anda sudah aman dan terkunci dengan baik.
  • Siapkan identitas diri dan dokumen yang dibutuhkan sebelum check in. Ini akan mempercepat proses check in dan membantu orang lain yang berada dalam antrian di belakang anda.
  • Jangan ada barang yang tertinggal dan cek kembali agar tidak ada barang hotel yang terbawa saat check out. Pelajari dahulu barang / fasilitas hotel apa yang boleh diambil ( free ) dan yang tidak boleh. Jika menginginkannya, biasanya pihak hotel menyediakan souvenir hotel yang bisa dibeli.
  • Pastikan uang atau credit / debit card anda cukup dan bisa digunakan saat pembayaran. Jika ada kartu identitas atau dokumen lain yang diminta sebelumnya oleh pihak hotel, pastikan untuk memintanya kembali.
  • Jika dibutuhkan, minta bantuan jasa staff hotel ( bell boy ) yang disediakan untuk membantu membawa barang – barang ke dalam kendaraan anda untuk menghemat waktu.
  • Jika antrian lagi panjang dan tidak terburu – buru, anda bisa berjalan – jalan mengelilingi lobby, mengunjungi toko kecil yang ada di dalam hotel, atau berhenti sejenak di cafe hotel untuk bersantai.

Baca Juga : 7 Tips Liburan Aman Namun Tetap Nyaman

Hal Penting Lainnya

Beberapa hal berikut ini tidak kalah pentingnya, yang bisa anda persiapkan saat liburan peak season :

  • Asuransi. Pertimbangkan untuk memiliki asuransi perjalanan atau asuransi kesehatan yang masih aktif saat berlibur.
  • Update Informasi. Usahakan selalu mengikuti berita dan informasi terkini terutama di lokasi / kota yang dikunjungi. Sehingga jika ada demo, penutupan / pengalihan akses jalan, kemacetan, kerusuhan, bencana alam, dan sebagainya, anda bisa segera mengantisipasinya.
  • Perubahan Jadwal. Saat liburan peak season, perubahan jadwal mendadak keberangkatan pesawat sangat umum terjadi. Check rutin sms atau kunjungi website airlines anda untuk memastikan tidak adanya perubahan jadwal.
  • Bandara. Jika membutuhkan fasilitas bandara seperti kursi roda atau shuttle car, pastikan untuk datang lebih awal dan sudah melakukan reservasi sebelumnya. Perhitungkan juga jarak antara pintu terminal ke lokasi boarding pesawat.
  • Travel Kit. Selalu siapkan travel kit seperti tissue, tissue basah, minyak angin, minyak kayu putih, obat – obatan sederhana, masker, kantong plastik, atau perlengkapan bayi. Simpan dalam tas kecil dan selalu dibawa.
  • Tiket Terusan. Untuk menghindari antrian, pertimbangkan untuk membeli tiket terusan atau tiket yang masa berlakunya lebih lama. Tentu anda perlu mempelajari syarat dan ketentuannya terlebih dahulu agar biaya yang anda keluarkan tidak sia – sia.

Ternyata cukup banyak hal yang perlu dipersiapkan dan direncanakan sebelum berangkat liburan saat peak season ya. Tapi tentu saja ini semua akan membantu liburan anda lebih nyaman dan aman. Jadi, sudah pada siap liburan ?

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message