Home ยป Benarkah Daging Panggang Berbahaya ?

Benarkah Daging Panggang Berbahaya ?

Benarkah Daging Panggang Berbahaya?

Saat perayaan keagamaan seperti Idul Adha, Natal, Imlek, atau hari libur lainnya, banyak orang merayakannya dengan memasak daging panggang, seafood, atau barbekyu bersama keluarga dan teman terdekat. Daging panggang seperti steak, bulgogi, yakiniku, atau sate, dari daging sapi, ayam, babi, dan kambing paling umum digunakan.

Biasanya orang menggunakan bakaran sate atau grill pan saat memanggang.

Saat dipanggang, kadang ada yang kecoklatan, sedikit gosong, hingga gosong kehitaman ( charred ). Banyak yang mengatakan, makan daging panggang atau bakaran bisa menyebabkan kanker. Benarkah demikian ?

Fakta

Dikutip dari Time Magazine dan National Cancer Institute, daging yang dipanggang hingga gosong kehitaman, terlalu matang, atau dimasak dengan pengasapan, meningkatkan resiko kanker terutama kanker usus, pankreas, dan prostat ( berdasarkan penelitian pada hewan ).

Makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi atau daging yang gosong kehitaman mengandung Heterocyclic Amines ( HAC ) dan Polycyclic Hydrocarbons ( PAHs ). Kedua senyawa ini bisa bermutasi dengan mengubah DNA yang mengakibatkan kanker.

Semakin lama makanan dimasak pada temperatur tinggi ( diatas 148 derajat Celcius ), semakin banyak pula kandungan HAC dan PAH didalamnya. PAH akan terbentuk saat lemak hasil pembakaran daging menetes ke api dan menimbulkan asap. Asap yang mengandung PAH inilah yang kemudian menempel pada daging. Contoh PAH yang bisa dijumpai sehari – hari seperti asap rokok atau asap kendaraan.

Daging Panggang – Image by iStock

Hingga saat ini, belum ada studi mengenai korelasi langsung antara HAC dan PAH pada makanan dengan kanker pada manusia. Hal ini mengingat HAC dan PAH juga bisa didapatkan dari sumber lain selain makanan. Seperti yang diketahui, pencetus kanker sendiri juga bisa berasal dari obesitas, kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, faktor genetik, dan sebagainya.

Baca Juga : Lebih Sehat Mayonaise Atau Mustard ?

Banyak Yang Suka

Meskipun demikian, charred meat ( daging gosong ) ternyata banyak yang menggemarinya. Bahkan ada yang merasa kurang mantap jika sate atau steaknya kurang gosong. Mengapa demikian ?

Makanan yang dipanggang menimbulkan rasa yang khas yang disebut Maillard Reaction. Reaksi kimiawi antara asam amino dan gula menciptakan rasa dan aroma unik yang tidak dimiliki makanan dengan teknik masak yang berbeda. Dan memang, ada sebagian orang yang dengan preferensi genetik lebih menyukai makanan yang dipanggang apalagi dengan sedikit rasa gosong.

Itulah sebabnya, selera orang atas tingkat kematangan daging yang diinginkannya berbeda – beda.

Apakah Daging Panggang Berbahaya ?

Belum ada riset / studi ilmiah yang membuktikan daging panggang berbahaya bagi kesehatan. Yang ada adalah studi mengenai pembatasan konsumsi daging merah dan processed meat ( daging olahan ) yang terkait dengan resiko kanker.

Akan tetapi, mengkonsumsi daging panggang yang gosong kehitaman dalam waktu lama tentu akan meningkatkan resiko terpapar senyawa berbahaya dan karsinogen seperti HAC, PAH, dan Acrylamide dalam jumlah banyak.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita mengetahui cara meminimalkan resiko tersebut dan membatasinya.

Beberapa tips berikut mungkin berguna jika anda ingin memanggang steak, bulgogi, atau sate di rumah, agar hasil panggangan anda lebih sehat :

  • Usahakan tidak memanggang daging langsung di atas api
  • Jangan memasak daging panggang pada temperatur tinggi dengan waktu yang lama
  • Bolak balik daging saat dipanggang untuk mencegah overheat
  • Bersihkan bagian daging yang gosong sebelum dimakan
  • Sebelumnya masak daging dalam microwave agar proses memanggang tidak terlalu lama
  • Potong daging dalam ukuran yang lebih kecil agar lebih cepat matang
  • Panggang daging hingga kuning kecoklatan ( golden brown ), jangan sampai kehitaman
  • Marinasi daging atau tambahkan bahan – bahan lain saat memanggang

Kesimpulan

Daging panggang atau bakaran seperti sate atau steak aman dikonsumsi. Meskipun, ada bagian tertentu yang gosong dan ikut termakan, tidak masalah selama itu tidak sering dan tidak dalam jumlah yang banyak.

Jika khawatir, cukup bersihkan / sisihkan bagian yang gosong, dan anda tetap bisa menikmati steak atau sate favorit anda. Enjoy !

Baca Juga : Apa Itu Barbekyu ? Bedanya Dengan Grill Dan Roasting ?

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message