Home » Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Lunch Box

Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Lunch Box

Lunch Box Kotak Makan

Dalam keseharian kita, lunch box yang disebut juga kotak makan atau kotak bekal, sangat umum digunakan. Baik di kantor, sekolah, pabrik, atau saat bepergian, banyak orang membawa kotak makannya masing – masing.

Fungsi lunch box sangat banyak, selain lebih sehat karena membawa makanan dari rumah, lebih hygienis karena lebih personal, jumlah dan varian makanan yang dibawa pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah sebabnya, banyak orang membawa lunch box saat bekerja, bepergian, atau bersekolah.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda membeli kotak makan. Apa saja ?

1. Jenis Material

Terdapat berbagai jenis material kotak bekal / kotak makan yang dijual. Ada yang dari stainless steel, plastik, kaca, aluminium, dan sebagainya. Selain itu, ada juga yang bisa menjaga panas lebih lama ( double wall ) dan yang standard.

Hanya saja, karena setiap hari digunakan untuk membawa makanan, apalagi makanan panas atau hangat, pilihlah yang berkualitas Food Grade.

Karena faktor harga yang murah, ada kotak makan yang menggunakan material non food grade, bukan khusus untuk makanan. Sehingga tentu akan membahayakan kesehatan.

Stainless steel lunch box
Stainless Steel Lunch Box – Asta Homeware

2. Jumlah Sekat Atau Layer

Kotak makan tersedia dalam beberapa pilihan sekat ( compartment ) atau tingkat ( layer ). Ada yang 1 sekat, 2, 3, hingga 5 atau 6 sekat dalam 1 kotak. Ada juga yang berupa 2, 3, atau 4 layer.

Tentu saja, semua disesuaikan dengan kebutuhan. Jika membawa lauk yang cukup banyak, misalnya nasi putih, salad, sup, daging, sambal, buah, tentu jumlah sekat yang dibutuhkan lebih banyak. Demikian pun, jika membawa lauk yang relatif sedikit, kotak makan dengan 2 atau 3 sekat seharusnya sudah cukup.

3. Mudah Dibawa Dan Tidak Mudah Tumpah

Salah satu hal penting saat memilih lunch box adalah harus mudah dibawa dan tidak mudah tumpah. Oleh sebab itu, besar kecilnya lunch box dan adanya kunci pengaman juga harus diperhatikan.

Tentu, anda tidak ingin repot membawa lunch box yang ukurannya kebesaran atau tiba – tiba tumpah karena tidak adanya kunci pengaman pada tutupnya.

Lunch Box Anti Tumpah
Fitur Leakproof Lunch Box

Dan jika anda penggemar sup, mungkin anda harus memilih kotak bekal yang memiliki soup container anti tumpah. Atau bisa juga memilih varian kotak bekal dengan fitur leakproof ( anti tumpah ) sehingga sup atau makanan berkuah yang dibawa tidak mudah menetes atau tumpah.

Beberapa pilihan kotak bekal juga menyediakan tas yang dijual terpisah atau termasuk dalam set. Sehingga anda lebih mudah membawa kotak bekal dan peralatan makannya dalam satu tas. Praktis.

4. Aman Untuk Kesehatan

Memilih produk yang berkaitan langsung dengan tubuh, seperti peralatan masak, peralatan makan, minum, kotak makan, produk kecantikan, makanan, minuman, dan sebagainya, wajib bebas dari zat / unsur berbahaya yang bisa berdampak pada kesehatan. Mengapa demikian ?

Karena lunch box, botol minum, gelas, dan peralatan masak langsung bersentuhan dengan makanan yang kita makan sehari – hari.

Dan, jika kotak makan atau peralatan masak yang digunakan tersebut ternyata mengandung zat / unsur berbahaya seperti BPA, PFOA, timbal, dan sebagainya, tentu akan mudah larut ke dalam makanan. Jelas, ini akan beresiko bagi kesehatan.

Jika anda memilih kotak bekal dari bahan plastik, pastikan material plastik tersebut BPA Free, tidak berminyak, tidak berubah warna atau bentuk setelah digunakan, dan tidak berbau.

5. Model Lunch Box

Kotak makan ada yang berbentuk lonjong, bulat, persegi, atau yang berbentuk karakter hewan, kartun, dan sebagainya. Bentuknya lucu dengan warna – warna menarik. Varian harganya juga berbeda – beda.

Ada juga kotak makan elektrik yang bisa anda sambungkan ke listrik sejenak agar makanan bisa hangat kembali sebelum dimakan. Hanya saja, karena jenis elektrik ini kurang umum digunakan, hanya sebagian kecil toko yang menjualnya.

Pilihlah model kotak makan yang bisa menampung makanan dengan baik dan pas. Boleh saja modelnya lucu dan menarik, tetapi jika tidak bisa menyimpan makanan dengan baik, tentu juga sia – sia.

6. Mudah Dibersihkan

Karena fungsinya untuk membawa / menyimpan makanan, tentu akan ada sisa makanan yang melekat pada kotak makan.

Pastikan kotak makan yang dibeli mudah dibersihkan, tidak terlalu banyak celah yang susah dijangkau. Jika kotak makan tidak bisa dibersihkan / dicuci dengan baik, sisa makanan yang tertinggal bisa menjadi kuman penyakit dan juga menimbulkan bau tak sedap.

Kotak bekal dari stainless steel atau kaca selain aman untuk kesehatan, relatif tidak meninggalkan bekas atau bau setelah dibersihkan.

7. Harga Lunch Box

Jika punya budget lebih, sebaiknya belilah kotak bekal / kotak makan dengan kualitas material yang baik. Food grade dan dengan fitur leakproof ( anti bocor ).

Anda juga bisa melengkapinya dengan membeli tas khusus lunch box agar lebih ringkas, bersih, dan rapi. Biasanya, pembelian kotak makan sudah termasuk sendok, garpu, atau sumpit di dalamnya. Namun, jika anda harus membeli sendok, garpu, atau sumpit secara terpisah, selalu pastikan peralatan makan tersebut juga berkualitas baik.

Mencari lunch box dengan harga yang murah tentu baik, agar lebih hemat. Tetapi, tentu lebih baik lagi jika anda lebih mengutamakan kualitasnya daripada harga yang sekedar murah tapi tidak aman untuk kesehatan.

Ingatlah, lunch box bersentuhan langsung dengan makanan. Sehingga anda harus bisa memastikan apapun yang bersentuhan langsung dengan makanan / minuman harus selalu aman dan berkualitas baik.

Jadi, demikian hal – hal yang harus diperhatikan saat memilih lunch box, semoga bermanfaat ya !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda memilih peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware,
Better Life Better Home

Leave a Reply

  • Bambang Harianto
    January 24, 2024 at 11:53

    Jadi ingim membeli untuk anak saya hihihi

    • Asta & You
      January 24, 2024 at 12:05

      Wahhh harus itu hehe. Yang penting aman dan berkualitas ya kak.

Your email address will not be published.

×

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop


    Your Name *


    Your Email *


    Subject


    Your Message