Panci Ceramic Coating, Benarkah Bagus ?

Ceramic Coating Pan
19 Sep

Pada artikel sebelumnya mengenai 4 Jenis Coating Pada Alat Masak dan Perbedaannya, ada dibahas juga tentang ceramic coating yang akhir – akhir ini sering digunakan.

Adakah bedanya dengan jenis coating yang lain ? Dan apakah benar bagus ? Kali ini kita akan menggali informasi lebih banyak mengenai ceramic coating pada alat masak beserta keunggulan dan kekurangannya.

Pengertian Ceramic Coating

Sebenarnya, yang dimaksud ceramic coating bukan benar – benar melapisi dengan bahan ceramic ( tanah liat ), tetapi dengan material yang karakteristiknya mirip dengan ceramic. Bahan dasarnya disebut sol-gel atau sol-gel coating.

Kata sol adalah singkatan dari solution, hasil dari hidrolisis yang kemudian membentuk jaringan berupa gel. Gel inilah yang diaplikasikan pada suatu permukaan benda yang nantinya akan membentuk lapisan ( coating ) keras dan mengkilap.

Karakteristik sol-gel mirip dengan ceramic, tetapi bukan ceramic. Itulah sebabnya sol-gel coating juga disebut sebagai ceramic coating. Penjelasan detail mengenai sol-gel bisa dibaca disini.

Penggunaan

Ceramic coating sangat populer akhir – akhir ini. Tampilannya yang licin, mengkilap, sekaligus ramah lingkungan, menjadikannya salah satu alternatif coating yang baik. Selain itu, saat diaplikasikan, daya lengketnya di atas permukaan lebih kuat daripada jenis coating yang lain.

Sol-gel yang lebih populer disebut ceramic coating banyak digunakan pada industri penerbangan, perkapalan, otomotif, elektronik, peralatan masak, konstruksi, perhiasan, dan sebagainya.

Teknik aplikasi coating bisa dengan cara disemprotkan ( spraying ), brushing, spin – coating, atau dip – coating. Masing – masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya, terutama dari segi biaya, daya tahan coating, dan tingkat kesulitannya.

Keunggulan Panci Ceramic Coating

Jika pernah membaca mengenai panci anti lengket, anda pasti mengetahui zat yang disebut PFOA. Ya, PFOA adalah gas yang bersifat karsinogen dan bisa berdampak serius bagi kesehatan. Panci anti lengket ( berjenis PTFE ) akan mengeluarkan gas PFOA jika dipanaskan hingga temperatur 300 derajat Celcius.

Bagaimana dengan sol-gel coating ? Sol-gel coating tidak mengandung PFOA maupun PFAS. Detail mengenainya bisa dibaca disini dan disini.

Ceramic Coating Wok Pan CS KochSysteme
Wok Pan dengan Ceramic Coating

Panci yang dilapisi sol-gel coating bersifat anti lengket, aman, tahan terhadap temperature tinggi, ramah lingkungan, dan juga mudah dibersihkan. Itulah sebabnya saat ini banyak yang menggunakan sol-gel sebagai coating pada peralatan masak seperti panci, wajan, wok, griller, dan sebagainya.

Kekurangan

Panci yang dilapisi ceramic coating relatif lebih mudah rusak daripada jenis non stick coating yang lain. Lapisan coatingnya akan lebih mudah retak atau lepas, terutama jika digunakan pada temperature tinggi secara terus menerus dan dalam waktu yang lama.

Mengapa demikian ? karena dibandingkan PTFE coating yang membutuhkan setidaknya 3 lapisan / layers coating, ceramic coating hanya membutuhkan 1 – 2 layer saja. Sehingga cara aplikasinya lebih ringkas, hemat energi, sekaligus ramah lingkungan. Tetapi di sisi lain menjadi tidak tahan lama dibandingkan jenis coating yang lain.

Hal ini masih bisa dibantu dengan cara memakai dan merawat yang benar. Misalnya, tidak menggunakan peralatan masak yang tajam saat memasak dan tidak menggosoknya dengan steelwool saat mencucinya.

Biasanya, harga panci ceramic coating juga lebih mahal daripada panci anti lengket yang lain, sehingga tentu hal ini juga menjadi pertimbangan tersendiri. Selain itu, kebanyakan panci ceramic coating tidak cocok digunakan dengan dishwasher. Jadi, jika anda menggunakan dishwasher di rumah, perlu mempertimbangkan hal ini sebelum membelinya.

Baca Juga : Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Kesimpulan

Panci ceramic coating, benarkah bagus ?

Jawabannya, ya bagus. Karena panci dengan sol-gel ( ceramic ) coating aman, tidak mengandung kimia berbahaya, ramah lingkungan, mudah dibersihkan, dan anti lengket. Pilihan model, bentuk, dan warnanya juga sangat banyak.

Yang perlu diperhatikan sebelum anda membelinya adalah memastikan kualitasnya sudah food grade dan dari merek / perusahaan yang bisa dipercaya. Selain itu, apapun jenis coatingnya, jika lapisan lengket panci ada yang cuil atau terkelupas, sebaiknya jangan digunakan lagi. Gantilah dengan yang baru.

Beberapa produsen, terutama dari negara yang tidak ketat regulasi dan perlindungan konsumennya cenderung mengabaikan keamanan produknya, termasuk saat mengaplikasikan sol-gel coating saat proses produksi. Masih sering ditemukan timbal maupun cadmium, sehingga tentu hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan alasannya adalah untuk menekan biaya produksi, harga jual, dan karena permintaan pasar.

Oleh sebab itu, kita perlu cermat sebelum membeli peralatan masak. Jangan hanya karena harga murah tanpa memperhatikan faktor keamanan dan kesehatannya. Ingatlah, peralatan masak yang kita gunakan berperan penting dalam kesehatan karena bersentuhan langsung dengan makanan yang dimakan. Jadi, bijaklah saat membeli !

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

panci cast iron

Mengenal Panci Cast Iron, Panci Favorit Para Chef

Author: Asta & You

Ada Berapa Jenis Sendok di Dunia ?

Author: Asta & You
Sup ayam ginseng Korea

Samgyetang, Sup Ayam Korea Beragam Manfaat

Author: Asta & You

Leave your thought