Mengenal Silicone Spatula, Apakah Benar Aman ?

25 Apr

Perkembangan dunia memasak sangat pesat sekarang ini. Seiring majunya teknologi digital, arus informasi seputar masak memasak ikut berkembang. Mudahnya akses informasi via sosial media mengenai resep kekinian, jenis cookware terbaru, tips memasak, dan sebagainya, membuat varian alat masak yang tersedia semakin banyak juga.

Banyak youtuber, endorser, chef, maupun selebgram ternama ikut mengenalkan berbagai peralatan masak yang digunakannya. Salah satunya adalah yang berbahan silicone ( silikon ).

Silicone cookware banyak ditemukan dan dijual di toko maupun marketplace. Dengan berbagai ukuran, jenis, warna, dan fungsi. Harganya pun bermacam – macam, dari yang ratusan ribu hingga ribuan ribu rupiah saja. Lalu apa bedanya ? Dan apakah spatula silikon benar – benar aman untuk kesehatan ?

Di artikel kali ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai spatula / sutil silikon dan kaitannya dengan kesehatan. Yuk disimak !

Material Silicone

Silicone atau silicon atau disebut juga polysiloxane adalah senyawa sintetis yang berbentuk minyak, karet atau resin. Memiliki kandungan silicon, carbon, hydrogen, oxygen, dan elemen lainnya. Tahan panas dan lentur seperti karet.

Material silicone sangat cocok digunakan sebagai bahan pelumas maupun lapisan pelindung ( coating ) misalnya pada tekstil, kertas, peralatan listrik, atau material lainnya. Jika berbentuk karet, silicone biasanya diperkuat dengan silica, elemen pengeras lainnya, dan pewarna.

Fungsi

Dalam kehidupan sehari – hari, silikon sangat bermanfaat bagi manusia. Bisa digunakan sebagai pelumas, bahan kosmetik, material implant, sealant, peralatan listrik, cookware, bahan bangunan, cairan pembersih, dan sebagainya.

Baca Juga : Panci Anda Anti Lengket ? Anda Perlu Tahu Ini

Food Grade Silicone Spatula / Silicone Cookware

Silicone Spatula for Cooking – Image by Southern Living

Sebagai peralatan rumah tangga, silicone banyak digunakan sebagai kitchenware, cookware, bakeware, cleaning tools, maupun diningware. Contohnya seperti spatula berbahan silikon, silicon / baking mat, cetakan es batu, cetakan sosis, sarung tangan masak, sikat pembersih, dan lain sebagainya.

Dan tentu saja, untuk peralatan masak pilihlah yang berkualitas food grade. Terbuat dari non toxic silica, tidak beracun. Apa kriterianya ?

Badan pengawas obat dan makanan Amerika ( FDA ), telah menetapkan bahwa yang dimaksud food grade silicone haruslah mencakup persyaratan sebagai berikut :

  • Tahan terhadap temperatur -60°C hingga 230°C tanpa mengalami perubahan bentuk
  • Tidak mudah bocor dan tahan terhadap minyak yang dihasilkan dari makanan
  • Anti jamur dan anti lengket
  • Relatif fleksible / lentur
  • Tidak mengandung BPS dan BPA
  • Tidak berubah warna, tidak berbau, dan tidak berminyak

Jadi, selama persyaratan diatas terpenuhi, maka bisa dipastikan silicone spatula atau silicone cookware anda aman untuk kesehatan karena sudah berkualitas food grade.

Baca Juga : Apa Itu Food Grade dan Food Safe ?

Poin Penting

Di toko, pasar, supermarket, atau marketplace, anda akan menemukan begitu banyak varian spatula silikon atau sutil berbahan silikon, capitan silikon, turner, cetakan kue, dan sebagainya. Harganya juga bervariasi, dari yang murah sampai yang mahal.

Silicone cookware pada umumnya aman digunakan untuk memasak asalkan tidak overheat, melewati batas temperatur yang sudah ditentukan.

Sebelum anda membeli, usahakan untuk mencari tahu apakah produk tersebut food grade atau bukan. Perhatikan mereknya, rasakan permukaannya apakah berminyak atau tidak, berbau, dan sebagainya. Dan jika saat atau setelah digunakan terjadi perubahan warna, berbau, dan sebagainya, bisa jadi produk yang anda beli bukan kualitas food grade. Jangan semata – mata berpedoman pada harga yang murah.

Banyak kasus juga dimana terjadi kesalahan pemakaian yang mengakibatkan silicone spatula meleleh atau berubah bentuk. Biasanya hal ini terjadi karena memasak dengan temperatur yang terlalu tinggi ( overheat ) dan lama, atau dicuci dengan zat kimia keras. Hal ini tentu akan mengakibatkan silicone spatula anda meleleh dan berubah warna / bentuknya. Jika demikian, segera buang dan jangan digunakan lagi.

Produk silicone cookware yang non food grade jelas berbahaya bagi kesehatan dan akan berdampak negatif bagi tubuh. Efek negatifnya bisa anda baca disini. Oleh sebab itu, sangat penting anda membeli dan menggunakan silicone cookware / bakeware yang berkualitas food grade.

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli dan menggunakan peralatan masak yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Author: Asta & You

Mengenal Daging Sapi Wagyu, Kenapa Bisa Mahal ?

Bagaimana Mengetahui Keju yang Sudah Rusak ?

Author: Asta & You

Leave your thought