Mengenal Ponzu, Kecap Jepang Yang Legend

Ponzu Kecap Jepang
23 Nov

Jika pernah makan sushi, sashimi, shabu – shabu, atau gyoza, tentu familiar dengan kecap Jepang yang satu ini. Namanya Ponzu, kecap jepang legend yang sering dipakai dalam masakan Jepang.

Kali ini kita akan mengenal ponzu, bagaimana rasanya, dan sebaiknya digunakan pada masakan apa, sekaligus cara membuatnya sendiri di rumah !

Apa Itu Ponzu ?

Ponzu adalah condiment ( bumbu ) Jepang serbaguna yang bisa digunakan di berbagai makanan. Sebagai dipping sauce, marinasi, salad dressing, seasoning, dan sebagainya.

Mengenai asal mula ponzu dan siapa yang menemukan tidak begitu jelas. Yang pasti, ponzu sudah digunakan sejak abad ke 17 di Jepang.

Arti kata ponzu adalah cuka atau jus dari buah citrus. Citrus sendiri adalah marga untuk jenis buah seperti lemon, jeruk nipis, jeruk bali, dan aneka jeruk lainnya. Rasanya cenderung manis asam, kaya akan antioksidan, vitamin C, serat, dan kalium.

Yuzu Fruit – Image by Canadian Grocer

Berbahan dasar jus citrus Jepang seperti yuzu, kaboshu, sudachi, atau daidai, dan campuran bahan lainnya, rasa ponzu sedikit asam tapi menyegarkan. Warnanya coklat bening, cair, dan dengan aroma yang khas.

Baca Juga : Jenis Kecap, Perbedaan, dan Kegunaannya

Makanan Yang Cocok Dengan Kecap Jepang Ponzu

Sebagai dipping sauce, kecap jepang seperti ponzu cocok dimakan dengan shabu – shabu, sushi, sashimi, Japan style grilled fish, dumplings, gyoza, steamed tofu, tempura, oyster, takoyaki, atau tataki.

Ponzu juga sering digunakan sebagai campuran salad atau untuk marinasi seperti daging, udang, cumi, atau ikan. Beberapa orang juga menambahkan ponzu ke dalam mie soba atau ramen sebagai penguat rasa.

Baca Juga : Bagaimana Membuat Dipping Sauce Yang Enak ?

Membuat Ponzu Sendiri

Cara membuat kecap jepang ponzu di rumah sangat mudah. Berikut beberapa bahan yang perlu dipersiapkan dan cara membuatnya.

  • 150 ml kecap asin
  • 100 ml jus jeruk yuzu ( atau lemon )
  • 5 gram Kombu ( kelp seaweed )
  • 5 gram bonito flakes ( atau hondashi )
  • 50 ml mirin ( optional )
  • 50 ml air

Campurkan semua bahan diatas dan aduk rata. Tutup rapat dan masukkan dalam kulkas, biarkan lebih dari 24 jam. Saat akan digunakan, saring terlebih dahulu.

Tips dan Saran

  • Rasa umami ponzu akan lebih kuat jika didiamkan dalam kulkas dalam wadah tertutup selama 2 – 3 hari.
  • Agar rasanya lebih tajam dan tahan lama, gunakan kecap asin yang berkualitas
  • Ponzu bisa bertahan 2 – 3 minggu dalam kulkas
  • Kadang orang menambahkan cuka beras atau mirin untuk memberikan rasa asam yang lebih kuat, atau lobak Jepang untuk menambah aromanya.
  • Jika anda membutuhkan yang ready to use, kecap Jepang ponzu sudah dijual dalam kemasan botol di supermarket khusus.

Jadi, sudah siap bikin ponzu sendiri di rumah ?

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda membeli / menggunakan peralatan dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Asta Homeware, Better Life Better Home

Dipping Sauce

Bagaimana Membuat Dipping Sauce Yang Enak ?

Author: Asta & You
Barbeque on fire

Apa Itu Barbekyu ? Apa Bedanya Dengan Grill Dan Roasting ?

Author: Asta & You
Panci Tognana Italy

Panci Ceramic Coating, Benarkah Bagus ?

Author: Asta & You

Leave your thought