Benarkah Ikan Salmon Bermanfaat bagi Kesehatan ?

ikan salmon
05 Oct

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Salmon termasuk dalam keluarga / famili salmonidae, yaitu ikan bersirip kipas. Selain salmon, ikan trout, char, dan ikan putih air tawar lainnya juga termasuk dalam ikan bersirip kipas.

Dianggap memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, tidak heran ikan salmon banyak dibudidayakan di beberapa negara. Canada adalah salah satu negara penghasil salmon terbesar di dunia.

Jenis Ikan Salmon

Ada 6 species ikan salmon. 1 jenis dari samudera atlantik yang dikenal juga dengan sebutan ‘black salmon’ dan 5 jenis lainnya seperti chinook, chum, sockeye, coho, dan pink salmon, berasal dari samudera pasifik.

Meskipun memiliki ukuran yang paling kecil diantara jenis yang lain, yang paling banyak beredar di pasar adalah jenis pink salmon. Ini karena populasi pink salmon lebih banyak dibandingkan jenis salmon lain sehingga harga pink salmon pun relatif lebih murah dari jenis lainnya.

Berkembang Biak

Ikan salmon bersifat anadromous, artinya bisa hidup di air tawar maupun air laut. Bertelur dan lahir di air tawar, anak salmon akan menetap di air tawar hingga beberapa bulan atau beberapa tahun ( tergantung speciesnya ). Kemudian berenang menuju lautan dan setelah dewasa akan kembali lagi ke air tawar / sungai habitat asalnya untuk bertelur.

Salmon Eggs. Image by Steemit

Selama hidupnya, seekor salmon bisa tiga kali mengalami perubahan warna, semasa baru lahir, dewasa, hingga saat akan berkembang biak.

Saat bertelur, salmon betina akan membuat lubang yang agak dalam untuk meletakkan telur – telurnya. Kemudian salmon jantan akan berenang diatas telur dan membuahinya. Selanjutnya salmon betina akan menutupi telur – telur yang telah dibuahi dengan bebatuan kecil untuk melindunginya hingga menetas.

Karena perjuangannya yang luar biasa untuk kembali ke habitat asalnya, tidak lama setelah berkembang biak, salmon akan mati. Seekor salmon bisa hidup hingga maksimal sekitar 7 tahun dengan berat 7 kg.

Baca Juga : Benarkah Sosis Berbahaya bagi Kesehatan ?

Habitat

Salmon mengandalkan indera penciumannya yang tajam atau magnet bumi sebagai panduan arah agar bisa kembali ke habitat asalnya dan bertelur. Dan untuk kembali, seekor salmon harus berenang melawan arus hingga ribuan kilometer. Terkadang karena adanya perubahan atau hilangnya habitat aslinya, salmon tidak bisa kembali dan bertelur, sehingga populasinya pun menjadi terancam.

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang sangat bermanfaat bagi ekosistem laut dan lingkungannya meskipun telah mati. Kerangka salmon yang sudah mati akan terurai dan memberikan nutrisi bagi sekitarnya. Jejak nutrisi salmon pernah terlacak pada kerang, beruang, serigala, pohon, tumbuhan, burung, hingga ke serangga.

Pada tahun 1970an tercatat sekitar 900.000 ekor salmon yang kembali untuk bertelur di habitat asalnya. Namun saat ini hanya tersisa sekitar 100.000 ekor saja yang kembali dan bertelur. Oleh karena itu, populasi salmon terus dijaga mengingat perubahan iklim, polusi, perubahan habitat asal, parasit, penyakit, penangkapan yang berlebihan, sangat mengancam populasinya di masa depan.

Beberapa lembaga LSM lingkungan hidup pun terus aktif melakukan berbagai upaya dan perbaikan pada habitat salmon.

Benarkah Bermanfaat Bagi Kesehatan ?

Daging ikan salmon berwarna orange, mengandung asam lemak omega 3, protein, selenium, vitamin B, vitamin D, potassium, dan antioksidan yang tinggi.

Dengan rutin mengkonsumsi ikan salmon dipercaya bisa menurunkan beberapa masalah kesehatan seperti resiko penyakit jantung, menjaga berat badan, dan meningkatkan fungsi otak terutama pada janin dan anak – anak.

Image by Dr Lam Coaching

Selain itu, antioksidan astaxanthin yang terdapat di dalamnya juga membantu memelihara kulit dan jaringan saraf. Sehingga kulit pun tampak lebih sehat dan awet muda.Seperti yang diketahui, Astaxanthin adalah antioksidan terkuat di dunia. 6000 kali lebih kuat dari vitamin C dan 500 kali lebih besar dari vitamin E. Dan itu terdapat dalam salmon.

Dengan beragam manfaat salmon bagi kesehatan, tidaklah mengherankan jika harganya juga relatif lebih mahal dari jenis ikan air tawar maupun air laut lainnya.

Jadi, setelah mengetahui berbagai manfaatnya, tidak diragukan lagi bahwa ikan salmon memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan.

“Kesehatan tidak ternilai harganya. Pastikan anda menggunakan peralatan masak / dapur yang baik dan berkualitas untuk keluarga tercinta”

Panci Anti Lengket Yang Bagus Itu Seperti Apa ?

Author: Asta & You

Mengenal Silicone Spatula, Apakah Benar Aman ?

Author: Asta & You

Mengenal Daging Sapi Wagyu, Kenapa Bisa Mahal ?

Leave your thought